spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Legenda Persib Encas Tonif Meninggal Dunia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sepakbola Jawa Barat khusus Kota Bandung berduka, lantaran salah seorang legenda Persib Bandung, Encas Tonif meninggal dunia di usia 71 tahun, Senin (17/4/ 2023).

    Kabar duka tersebut dibenarkan oleh legenda Persib, Asep Sumantri. Menurut mantan pemain dan asisten pelatih Persib ini, dari informasi yang didapatnya Encas Tonif meninggal dunia sekitar pukul 13.30 WIB.

    BACA JUGA: Pelatih Persikabo Bersyukur Kalahkan Persib

    “Betul. Saya juga dapat kabar di grup teman-teman pemain,” kata Ujeb sapaan akrabnya.

    Sebelumnya, media officer Persib, Jatnika Sadili menyampaikan kabar duka tersebut kepada rekan-rekan wartawan.

    Sebagai informasi, Encas Tonof merupakan pemain Persib di era 1970-an.

    Encas Tonif bermain di lini pertahanan. Pria kelahiran 5 Mei 1951 tersebut merupakan salah satu bek tangguh yang dimiliki skuad Maung Bandung.

    Selain itu, saat itu Encas Tonif juga bagian dari Tim Nasional Indonesia di pengujung dekade 1970-an.

    BACA JUGA: Ini Kata Made Usai Gagal Happy Ending Bersama Persib

    Dia memutuskan gantung sepatu usai pertandingan final Kompetisi Perserikatan 1983 ketika Persib dikalahkan PSMS Medan melalui drama adu penalti di Stadion Utama Senayan Jakarta.

    Setelah itu, Encas melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Salah satu prestasinya yang paling dikenang adalah ketika ia membawa Persib menjuarai Piala Soeratin untuk pertama kalinya pada tahun 2003.

    Salah seorang pemain andalannya ketika itu adalah Atep yang di kemudian hari menjadi kapten Persib dan turut mengantarkan tim kebanggaan Bobotoh meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

    Sedang karier kepelatihannya di tim senior Persib Bandung, Encas Tonif sempat menjadi asiten pelatih Indra M. Tohir di Liga Indonesia 2005 dan Risnandar Soendoro (2006).

    (Arif/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img