spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Meriahkan Ramadan, bank bjb Hadirkan Haji Geyot

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb berbagi takjil, buka puasa bersama dan berbagi santunan serta pangan kepada yatim piatu, dhuafa dan masyarakat menengah ke bawah di Jawa Barat.

    Kegiatan sosial keagamaan itu dilakukan bank bjb dalam rangka menyambut momen mulia Ramadan. Kemeriahan bulan Ramadan semakin terasa dengan program bjb bersama Haji Geyot.

    “Ini bercermin dari kebiasaan masyarakat Jabar yang kerap menyaksikan aksi Haji Geyot saat menunggu waktu berbuka (ngabuburit),” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

    Ramadan
    Bjb gelar program haji Geyot hidupkan tradisi menunggu berbuka (ist)

    Keberadaan Haji Geyot mulai menghilang dan tidak lagi menghiasi sudut-sudut keramaian Kota. Suara tabuhan beduk dan suara takbir dari yang biasanya meramaikan susasana menunggu buka puasa sekarang sudah jarang terdengar.

    BACA JUGA: Pembagian Dividen BJBR Meningkat dari Rp99,11 ke 104,55 per Lembar Saham

    “bank bjb kembali bekerjasama dengan Badalohor Kreasi Indonesia untuk menghidupkan tradisi saat Ramadan dengan pemasangan Haji Geyot yang akan menyemarakan dan menghidupkan suasana di bulan suci,” kata Widi.

    Haji Geyot adalah patung berukuran besar yang dapat bergerak menabuh beduk sambil bergoyang dengan memakai baju dan peci seperti seorang haji. Patung ini pertama kali dibuat oleh Joen Rustandi pada tahun 1990-an sebagai dekorasi Ramadan.

    Keberadaan Haji Geyot kerap menjadi daya tarik di pusat keramaian selama bulan suci Ramadan. Kehadiran Haji Geyot khususnya bagi anak-anak sangat menghibur karena pinggulnya yang bisa bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai irama tabuhan beduk.

    Menurut Widi, kehadiran Haji Geyot memberikan warna dan nuansa tersendiri untuk masyarakat yang sedang menanti waktu buka puasa sambil ngabuburit. Nama Haji Geyot diberikan masyarakat secara spontan ketika melihat gerakan boneka tersebut, goyangan pinggul tersebut yang dalam Bahasa Sunda disebut Ngageyot.

    “bank bjb ingin menghidupkan kembali nuansa Ramadan dengan menjadikan Haji Geyot sebagai titik temu warga pada saat menunggu waktu berbuka puasa,” kata Widi.

    Pemasangan Haji Geyot Stay akan dilaksanakan di empat titik meliputi Taman Braga, Alun-Alun Bandung, Lampu Merah Samsat Soekarno Hatta, dan Gasibu Bandung.

    Selain itu, bank bjb juga menggelar Haji Geyot Road Show di Bandung Raya yang akan dilaksanakan beberapa event kegiatan di area Haji Geyot meliputi Kabaret, Tausiah, Musik Akustik Islami, Quiz dan Doorprize bank bjb, berbagi takjil dan makanan siap saji untuk berbuka.

    Kegiatan Haji Geyot Road show di wilayah Bandung Raya telah dilaksanakan di beberapa titik ramai yang meliputi Masjid Raya Lembang pada 31 Maret 2023, Alun-alun Majalaya 1 April 2023, Alun-Alun Banjaran 2 April 2023 yang mendapatkan respon positif dari masyarakat.

    Kemudian untuk jadwal road show lainnya akan diselenggarakan dalam waktu dekat di antaranya Kiara Artha Park 7 April 2023, Alun-alun Ciparay 8 April 2023, Area Lanud Sulaeman 9 April 2023, Area Masjid Al-Jabbar 13 April 2023, Alun-alun Ujung Berung 14 April 2023, Area Gedung Sabilulungan 15 April 2023 dan ditutup dengan area Masjid Pusdai pada 16 April 2023.

    “bank bjb berharap kehadiran Haji Geyot bisa menghidupkan kembali tradisi dan memeriahkan bulan suci Ramadan sekaligus memberikan manfaat serta menghibur masyarakat,” kata Widi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img