spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Pengurus Dekranasda Ciamis 2019-2024 Dikukuhkan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: 12 pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) 2019-2024 resmi diangkat dan dikukuhkan Ketua Dekranasda Ciamis, Kania Ernawati Herdiat di Gedung PKK, Kamis (6/4/2023).

    “Alhamdulillah sudah dilakukan pengukuhan dan pelantikan. Dekranasda merupakan lembaga yang bermitra dengan pemerintah. Tujuannya, melestarikan budaya bangsa dalam membina pengembangan seni kerajinan,” kata Ketua Dekranasda Ciamis.

    BACA JUGA:

    Seorang Guru Agama di Kota Banjar Mengalami Kecelakaan

    Kania menjelaskan, peran Dekranasda di tingkat Kabupaten harus bisa menjadi jembatan bagi masyarakat dengan melakukan pembinaan dan pengembangan produk sesuai dengan potensi budaya daerah yang dimiliki.

    Selain itu, harus bisa menjadi motivator bagi para pengusaha agar hasil produk masyarakat di daerah bisa dkenalkan kepada masyarakat luas.

    “Keberadaan Dekranasda dari pusat hingga daerah memiliki tujuan yang mulia. Yakni, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa serta membina UMKM dan IKM yang bergerak di bidang kesenian,” ucapnya.

    BACA JUGA:

    Pengendara di Ciamis Keluhkan WL Tertutup Daun Pohon

    Pihaknya akan mengutamakan kepentingan para pengrajin dengan mendorong semangat berwirausaha dan mempromosikan hasil kerajinan Mereka. Baik secara online maupun offline.

    “Tujuan itu bisa kita capai dengan cara memfasilitasi dan melakukan pembinaan terhadap para pengrajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui berbagai aspek. Seperti desain, kemasan, merk dan promosi,” ujarnya.

    Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui Sekda, Tatang mengatakan, pengukuhan dan pengangkatan Dekranasda Ciamis sempat tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19. 

    “Saat ini kepengurusan Dekranasda Ciamis periode 2019-2024 sudah sah. Para anggota harus melakukan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing,” pesan Tatang.

    Tatang berharap, para pengurus memiliki komitmen bersama untuk bersinergis, berkolaborasi dengan Pemda yang merupakan mitra kerja dalam pembangunan. Khususnya bidang IKM dan UMKM.

    Dekranasda harus memperhatikan visi misi Ciamis. Yaitu, mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua.

    Misi mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat.

    “Dengan potensi yang dimiliki Ciamis, para pelaku industri kecil dan menengah harus terus berpacu meningkatkan kapasitas dan kualitas produk serta harus bisa memenuhi standar mutu produk. bBaik dari aspek produksi maupun aspek sumber dana,” pungkasnya.

    (Fauza/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img