spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Volume Sampah di Kota Bandung Meningkat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung menyebut, adanya peningkatan volume sampah selama bulan Ramadan.

    “Seperti tahun-tahun sebelumnya apabila memasuki bulan Ramadan, biasanya volume yang diangkut mengalami peningkatan. Terutama untuk sampah organik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudy Prayudi Jumat (31/3/2023).

    BACA JUGA: Ibadah Haji, Pemprov Jabar Gelontorkan Rp27 M

    Dudy menyebut, ketidak seimbangan antara jumlah makanan yang dibeli dengan kapasitas lambung untuk menerima makanan menjadi faktor penyebabnya.

    Selain hal itu, kebiasaan menghidangkan berbagai macam makanan untuk berbuka termasuk mengundang tamu dan menyediakan makanan dalam jumlah banyak, turut berperan terhadap meningkatnya produksi sampah.

    “Maka kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli makanan secara berlebihan. Kalau bisa makanan itu harus habis, jangan sampai sisa. Lalu masyarakat juga harus memilahnya,” ujar Dia.

    BACA JUGA: Terlibat Penggelapan, DPD Partai Golkar Kota Sukabumi Dinonaktifkan

    Menurutnya, kegiatan memilah sampah yang dilakukan masyarakat membantu dalam mengurangi volume. Meski hal tersebut tidak memberikan dampak besar terhadap penyelesaiannya.

    “Minimal ada sampah yang terselesaikan di tempat, Kegiatan memilah akan memudahkan petugas kita di lapangan. Dan baiknya setelah memilah dapat dimanfaatkan,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img