spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    BI Tasikmalaya Sediakan Rp 2,4 T Uang Kartal Untuk Lebaran

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bank Indonesia (BI) Perwakilan wilayah Priangan Timur siapkan menyediakan uang karta sebanyak Rp 2,4 Triliun. Ini untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat menjelang Lebaran Idul Fitri 1444.  

    Penyediaan uang kartal penukaran ditandai dengan peluncuran Semarak Rupiah Ramadan Dan Berkah Idul Fitri (Serambi). di Halaman Kantor BI Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya Senin (27/03/23).

    Kepala Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya Aswin Kosotali mengatakan, menghadapi hari raya idul Fitri, biasanya budaya untuk menukar uang untuk keperluan lebaran tinggi sehingga BI bersama perbankan lainnya menyediakan uang kartal untuk masyarakat.

    BACA JUGA: Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya: Minta Prioritaskan Honorer Senior Untuk PPPK

    “Kita sudah sediakan Rp. 2,4 Triliun uang dengan pecahan 1000 ribu sampai Rp.100 ribu, dengan uang yang kondisi layak edar di masyarakat,” kata  Aswin Kosotali. 

    Dia mengatakan, masyarakat saat ini sudah mulai antusias untuk melakukan penukaran uang, bahkan kata dia, mulai dari hari ini, Senin (27/3/2023) pihaknya sudah melayani permintaan masyarakat untuk kebutuhan uang kartal.

    “Ada sebanyak 116 lokasi layanan penukaran uang di bank yang tersebar di wilayah Priangan Timur, termasuk mobil penukaran uang keliling,” kata dia. 

    BI Tasikmalaya Siapkan Uang Kartal

    Menurutnya, kesiapan BI menyediakan uang kartal kebutuhan lebaran. Program Serambi ini juga untuk meningkatkan awareness bagi masyarakat terkait rasa, cinta, bangga dan paham dengan rupiah.

    “Kita edukasi masyarakat agar mencintai rupiah dan memahami fungsi uang sehingga akan bangga dengan uang rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di masyarakat,” ujar Aswin.

    Dia pun menjelaskan, bulan ramadan itu, tingkat kebutuhan dan permintaan masyarakat terutama dalam hal belanja meningkat. Sementara ketersediaan pasokan tidak sesuai sehingga menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa yang dapat memicu terjadinya inflasi.

    BACA JUGA: Disetujui Jokowi, Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2023 Diperpanjang

    “Kita mengajak masyarakat dalam menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran nanti, gunakan uang dengan baik dan berbelanjalah dengan bijak yakni sesuai kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan,” kata dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img