spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    HUT BNN, Petrus Golose Pamer Ratusan Ton Narkotika Hasil Sitaan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Badan Narkotika Nasional (BNN) merayakan ulang tahun yang ke-21 hari ini, Rabu (22/3/2023). Kepala BNN, Petrus Golose, memamerkan ratusan ton narkotika yang berhasil disita.

    “Barang bukti narkotika yang berhasil disita dari tahun 2022 sampai dengan 19 Maret 2023 antara lain metafetamin 2,429 ton, ganja 1,90 ton, ekstasi 262.983 butir, ganja basah 184,1 ton, dan lahan ganja seluas 79,4 hektar,” kata Petrus Golose saat memberi sambutan dalam acara ulang tahun BNN di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (22/3/2023).

    Petrus mengatakan, selama tahun 2022 BNN berhasil membongkar 23 jaringan narkoba internasional serta 26 jaringan nasional. Pihaknya, kata dia, turut menangani kasus peredaran narkotika memakai UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

    BACA JUGA: Ridwan Kamil: Jawa Barat Larang Thrifting!

    Petrus menyampaikan modus penyelundupan serta peredaran gelap narkotika dalam perkembangan mengalami perubahan. Perubahan itu sejalan dengan perkembangan teknologi.

    “Diperlukan pengembangan teknologi informasi yang disesuaikan dengan perkembangan saat ini. Upaya pemenuhan peralatan intelijen berbasis teknologi informasi tidak hanya untuk BNN pusat atau markas besar, tetapi juga untuk BNN di provinsi,” kata Petrus, melansir Berita Satu.

    Di lain sisi, Petrus menjelaskan BNN sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas layanan rehabilitas, baik yang dikelola negara maupun masyarakat. Langkah ini dilakukan, antara lain dengan para agen pemulihan.

    “Pelatihan terhadap agen pemulihan yang nantinya akan menjadi motor penggerak pelaksana intervensi berbasis masyarakat,” ujar Petrus.

    Tidak lupa, Petrus berharap di hari ulang tahun kali ini, dapat memotivasi jajaran BNN agar secara bersama-sama terus memberantas peredaran narkoba. Momen kali ini dia nilai juga sebagai evaluasi atas kinerja jajarannya sejauh ini.

    “Upaya pemberantasan dilakukan melalui penegakan hukum yang profesional dan akuntabel,” kata Petrus.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img