spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Anggaran Rp 11,5 M, Begini Gambaran Revitalisasi Alun-alun Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabar gembira untuk warga Ciamis setelah sebelumnya sempat dilakukan renovasi besar besaran kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali melakukan revitalisasi Alun-alun Ciamis.

    Revitalisasi tersebut mulai dikerjakan pada pertengahan Bulan Maret dan ditargetkan akan rampung pada September 2023 mendatang dengan meliputi penambahan sarana umum untuk para pengunjung.

    Kepala Bidang (Kabid) Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkrim) Provinsi Jawa Barat Tri Buy Hendryanto mengatakan, revitalisasi taman Raflesia ini akan menelan anggaran sebesar Rp 11,5 Miliar yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    BACA JUGA: Mupunjung Agenda Tahunan Warga Desa Jelat Ciamis di Situs Mbah Sindu Wangsa Sepuh

    “Proses pengerjaan 180 hari dari tanggal 10 Maret sampai 5 September 2023,” kata dia saat sosialisasi revitalisasi alun-alun Ciamis di Aula DPUPR Ciamis, Jumat (10/3) lalu.

    Tri menjelaskan bahwa dengan anggran yang besar tersebut alun-alun Ciamis akan ditata dengan menambahkan sarana umum seperti, toilet, tempat permainan anak, ruang perpustakaan dan sarana umum lainnya untuk menunjang para pengunjung.

    Lebih lanjut, revitalisasi tersebut tidak akan mencakup para pedagang kaki lima dan Pemkab Ciamis berencana membangun pusat kuliner di alun-alun Ciamis sebagaimana konsep awal alun-alun harus terpisah dari sarana perekonomian.

    BACA JUGA: Seorang Janda Di Ciamis Butuh Uluran Tangan Pemerintah Setelah Rumahnya Terbakar

    “Revitalisasi ini tidak akan mengakomodir para PKL, Pemkab sudah ada rencana untuk membangun pusat kuliner di dekat area billboard tahap pembangunannya masih dalam proses perencanaan,” kata dia.

    Selain itu, revitalisasi tersbut juga tidak akan mengubah ciri khas dari alun-alun Ciamis. Tugu Pahlawan dan maskot bunga Raflesia akan tetap dipertahankan dan tidak akan ada pisah antara keduanya seperti saat ini.

    “Nanti alun-alun akan digabungkan tidak ada pembatas jalan seperti sekarang dipadukan juga dengan plaza yang baru semuanya akan menjadi satu,” jelasnya.

    (fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img