spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Miliki Keunggulan, Candi Jiwa Karawang Akan Dikembangkan Sebagai Wisata Unggulan Jabar

    KARAWANG,FOKUSJabar.id: Salah satu candi tertua di Indonesia yang berada di Batujaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat yaitu Candi Jiwa akan dikembangkan menjadi destinasi wisata seperti candi lain yang ada di Indonesia

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, perkiraan, usia Candi Jiwa jauh lebih tua dibanding candi-candi besar lainnya di Pulau Jawa seperti Prambanan dan juga Borobudur.

    “Apabila dikaji, Candi Jiwa sudah ada pada abad ke-5 Masehi dan menjadi candi tertua di Indonesia. Tentunya ini jadi sebuah aset yang berharga bagi Jawa Barat,” kata Benny.

    BACA JUGA: Situs Keramat Samida Raja Desa Akan Dikembangkan Menjadi Wisata Ziarah

    Dengan berbagai keunggulan yang ada, Disparbud Jabar siap mengembangkan potensi wisata di Candi Jiwa. Kadisparbud berharap, dengan pemanfaatan Candi Jiwa sebagai destinasi wisata akan memberi dampak positif untuk masyarakat maupun daya tarik lainnya yang ada di Kabupaten Karawang.

    “Kita sudah berdiskusi terkait konsep pembangunan Candi Jiwa. Ini dalam konteks kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian Kebudayaan yang diwakili oleh balai, juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang,” kata Benny.

    Menurutnya, dengan terbangunnya konsep candi semoga akan memberikan manfaat bagi wisata lainnya seperti Rengasdengklok, Pulau Putri, Pantai Pakis, dan lain-lain. 

    “Bahkan juga ada kebermanfaatan bagi masyarakat terutama UMKM,” tuturnya.

    Ia melanjutkan bahwa rencananya akan ada penambahan sejumlah fasilitas untuk menjadi daya tarik baru. Diharapkan pengerjaan sudah bisa dilakukan pada 2024 mendatang.

    “Konsep yang nantinya dibangun bisa menjadi daya tarik sendiri, apalagi kami merencanakan pembangunan destinasi wisata malam dengan permainan lampu dan sebagainya,” ujarnya.

    BACA JUGA: Nonton Now Playing Festival 2023 Bersama bank bjb Banyak Untungnya

    Tahun ini pihaknya melakukan kajian lebih dulu secara komprehensif. Dengan melakukan koordinasi dengan Kemendikbudristek RI maupun dengan Kabupaten Karawang. 

    “Kami ingin kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Karawang, khususnya di Kecamatan Batujaya,” kata Benny.

    Berita Terbaru

    spot_img