spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Formappi Minta Puan Maharani Sering Ikut Rapat Paripurna

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) meminta Ketua DPR RI, Puan Maharani, lebih sering mengikuti Rapat Paripurna.

    Diketahui dalam dua kali Rapat Paripurna di masa persidangan III Tahun 2022-2023, Puan dua kali absen dan digantikan oleh wakil ketua DPR RI.

    Peneliti Formappi Lucius Karus menilai, kehadiran seorang ketua DPR merupakan hal penting. Puan juga bisa menunjukkan kualitasnya sebagai politikus dengan hadir di Rapat Paripurna.

    Lucius menilai, sebagai politikus sekaligus pimpinan DPR, Puan Maharani memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan perhatian masyarakat jika lebih aktif dalam kegiatan DPR, terutama Sidang Paripurna.

    BACA JUGA: Lagi, Kejagung Bakal Periksa Menkominfo Jhonny Plate

    “Bagi saya, sebagai seorang ketua DPR tetap penting bagi Ibu Puan untuk menunjukkan dirinya secara rutin sebagai ketua dengan memimpin rapat. Tentu sebagai politikus, dia juga bisa menunjukkan kualitasnya ketika bisa memimpin rapat dengan perdebatan yang seru di forum Paripurna,” kata Lucius di Jakarta, Jumat (10/3/2023), melansir IDN.

    Lucius juga menilai, kehadiran Puan di DPR bisa menjadi panggung besar untuk dirinya yang diprediksi kuat akan maju dalam Pilpres 2024. Sementara jika Puan lebih sering absen Paripurna, dikhawatirkan akan berdampak tidak baik pada elektabilitasnya.

    “Buat saya sih itu panggung yang bisa membuat Puan bisa menjadi sangat besar. Tapi bisa juga membuat dia makin ciut. Kalau dia menghindari pimpin rapat, ya dia mau tidak populer atau dia mau populer sebagai pemalas,” kata Lucius.

    Kendati begitu, Formappi tidak mempermasalahkan absennya Ketua DPR dalam agenda Paripurna. Lucius menjelaskan, tak ada aturan tertulis yang mengharuskan Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua DPR. Maka dari itu, sidang bisa dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI.

    “Jadi saya kira itu pilihannya dia, dan itu keputusan pimpinan DPR menentukan siapa yang bertugas memimpin rapat. Karena tidak ada aturan harus berapa kali ketua DPR (memimpin rapat), harus berapa kali wakil ketua DPR. Yang jelas Rapur harus dipimpin oleh pimpinan,” ujarnya.

    Diketahui, Puan dua kali absen Rapat Paripurna di masa persidangan III tahun 2022-2023.

    Saat pembukaan masa persidangan 10 Januari 2023 lalu, Puan Maharani tak hadir karena berada di acara HUT ke-50 PDIP. Paripurna kala itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

    Sementara pada penutupan masa sidang III tahun 2022-2023 Februari lalu, DPR hanya mengagendakan pidato Ketua DPR RI. Dalam penutupan masa sidang itu, rapat diwakili oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

    (Dist)

    Berita Terbaru

    spot_img