spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Soal Safari Politik Anies-AHY, Demokrat: Tunggu Minggu Ini

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, memberi kode Kemungkinan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal melakukan safari politik bersama bakal capres Anies Baswedan.

    “Tunggu saja minggu-minggu ini. Akan ada beberapa agenda yang kemungkinan bisa diikuti oleh publik,” kata Herzaky, Selasa (21/2/2023).

    Herzaky mengaku masih menunggu momentum yang tepat untuk deklarasi koalisi Perubahan sehingga penandatanganan kesepakatan tiga parpol.

    Pihaknya juga berencana membentuk Sekretariat Perubahan. Seperti diketahui, koalisi perubahan ini berisi Partai Demokrat, NasDem, dan PKS.

    BACA JUGA: Jokowi Sebut Menpora Zainudin Amali Sudah Mundur Secara Informal

    “Ini masalah pengaturan ritme dan tempo saja. Bagian dari strategi. Ada kalkulasi mendetail, pembahasan berbagai skenario,” kata dia, melansir IDN.

    Herzaky juga mengaku pihaknya masih mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang terjadi jika mendeklarasikan koalisi. Hal ini lantaran muncul kabar bahwa banyak pihak yang ingin menghalangi pembentukan koalisi tersebut.

    “Kami berupaya bersiap diri menghadapi semua skenario, berbagai kemungkinan. Sehingga ketika satu pilihan langkah sudah kami ambil, apapun respon publik, respon koalisi lain, respon pendukung status quo, sebisa mungkin sebagian besar sudah masuk dalam kalkulasi yang kami prediksi sebelumnya,” ujarnya.

    Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Irwan Fecho mengatakan, potensi memenangkan Anies Baswedan paling besar jika dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

    Menurutnya, hal itu dibuktikan dari beberapa lembaga survei yang ada di Indonesia.

    “Jadi dibangun dari data ilmiah presentasi survei-survei mengatakan memang paling memungkinkan Anies memenangkan capres itu kalau didampingi oleh AHY,” kata Irwan Fecho kepada IDN Times, Senin (13/2/2023).

    Menurut pengamatannya, Anies-AHY bisa bersaing dengan nama-nama bakal capres lainnya seperti Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar, atau Puan Maharani-Ganjar Pranowo.

    Dia mengklaim dari beberapa hasil survei yang sudah beredar, dipastikan bahwa Anies-AHY bisa memenangkan pilpres. Namun, dia tak mengatakan hasil survei mana yang dia maksud memenangkan Pilpres tersebut.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img