spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    10 Manfaat Daun Pepaya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tumbuhan pepaya banyak kita jumpai di sekitar. Selain buahnya yang manis dan memiliki nutrisi baik juga bagus untuk pencernaan, daun pepaya pun memiliki banyak manfaat.

    Meskipun rasanya pahit, daun pepaya banyak diolah menjadi makanan tradisional seperti pecel, lotek, dan sayuran pelengkap.

    Daun ini juga bisa dijadikan untuk obat berbagai macam penyakit, lho. Simak selengkapnya;

    1. Meredakan sakit haid

    Kram dan sakit perut bagian bawah ketika haid itu tentu sangat menggangu. Nah, jus daun buah ini dapat membantu memperlancar aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit tersebut.

    Manfaat daun pepaya dalam bentuk jus dianggap bisa membantu menyeimbangkan hormon, sehingga haid lebih teratur.

    BACA JUGA:

    Kulit Buah-buahan Ini Bermanfaat untuk Kesehatan

    1. Anti Kanker

    Ekstrak daun ini memiliki khasiat anti kanker yang sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang mempunyai sifat melawan berbagai tumor kanker.

    Enzim tersebut dapat mengurangi risiko kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.

    1. Membuat kulit lebih sehat

    Daun vuah ini memiliki kandungan yang mampu menjaga kulitmu untuk tetap bersih dan jernih. Sifat antioksidan juga membantu dalam proses penuaan.

    Enzim pelarut protein dalam daunnya dapat digunakan secara topikal sebagai eksfolian untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi kejadian pori-pori tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, hingga jerawat.

    1. Anti Malaria

    Memiliki sifat anti malaria. Maka dari itu, jus daun pepaya sering dimanfaatkan di berbagai belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

    Penderita demam berdarah akan mengalami penurunan tingkat trombosit. Kandungan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki kemampuan trombosit sehingga banyak digunakan untuk perawatan pasien dengan penyakit demam berdarah.

    1. Mengatasi gejala demam berdarah

    menurut healthline, tiga penelitian yang melibatkan beberapa ratus orang dengan demam berdarah menemukan bahwa ekstrak daun ini secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah.

    Artinya berpotensi membantu proses penyembuhan penyakit demam berdarah.

    1. Mengontrol Darah Tinggi

    Pengobatan tradisional di Negara Meksiko sering memanfaatkan daun ini sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi.

    Daun ini memiliki kemampuan untuk melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan juga kematian dini.

    BACA JUGA:

    Cara Meningkatkan Fungsi Otak yang Belum Banyak Diketahui

    1. Melancarkn Pencernaan

    Daun pepaya menjadi terapi alternatif untuk meredakan gejala pada masalah pencernaan, seperti gas, kembung, dan heartburn.

    Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya dapat mengurangi masalah pencernaan, termasuk sembelit dan heartburn, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).

    1. Memiliki Efek Anti Inflamasi

    Juga memiliki efek anti inflamasi yang mampu mengobati berbagai kondisi peradangan, seperti ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Kandungan papain dan vitamin E dalam daun pepaya yang memiliki efek anti inflamasi.

    1. Mengontrol gula darah

    Di lansir dari halodoc.com pepaya sering digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena daun pepaya memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

    Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah daun pepaya dapat digunakan untuk membantu mengelola kadar gula darah tinggi pada manusia.

    1. Menyuburkan pertumbuhan rambut

    Daun pepaya secara topikal dengan dijadikan masker juga sering digunakan untuk menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

    Daun pepaya kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan kemudian meningkatkan pertumbuhan rambut.

    Beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan telah dibuktikan oleh beragam penelitian. Konsumsi teratur dan secukupnya dinilai dapat memberikan manfaat yang baik.

    (Marliah Sri Nuranti/Antihk)

    Berita Terbaru

    spot_img