spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Yana Optimistis Kota Bandung Bisa Raih Predikat ODF 100 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima Tim Verifikasi Open Defecation Free (ODF) di Balai Kota Jalan Wastukencana Jabar, Selasa (7/2/2023).

    Nantinya, Ada 5 tim yang disebar ke 9 kecamatan di Kota Bandung untuk memverifikasi ODF.

    Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, optimitis Kota Bandung akan meraih predikat ODF 100 persen pada 2023. Adapun paparan dan data sudah dipresentasikan Yana pada verifikasi administrasi 26 Januari 2023 lalu.

    “Kami merasa sudah 100 persen di 151 Kelurahan (ODF). Nanti teman-teman verifikator yang akan memastikan di lapangan,”kata Yana.

    BACA JUGA: Kebakaran di Sukamenak Bandung, 25 Rumah Hancur dan 102 Orang Mengungsi

    Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi menyampaikan, apresiasi atas kerja keras tim Kota Bandung mulai dari Forum Bandung Sehat (FBS), Forum Kecamatan Sehat (FKS), serta seluruh elemen yang terlibat dalam perwujudan ODF 100 persen.

    Melihat kehadiran para stakeholder dan konsistensi penerapan hidup sehat di Kota Bandung, ia pun mengaku optimis Kota Bandung akan mendapat hasil penilaian maksimal.

    “ODF 100 persen ini bisa terwujud karena konsistensi tinggi, dan bagaimana kita mengawalnya. Kehadiran dan upaya dari bapak dan ibu yang ada di sini, sudah sangat luar biasa,”katanya.

    Untuk penilaian tim verifikator dibagi menjadi 5 dan berpencar ke 9 kecamatan dengan masing-masing 2 kelurahan di tiap kecamatannya.
    Adapun pembagiannya antara lain:

    1. Tim 1 menuju Kecamatan Regol dengan Kelurahan Cigereleng dan Sukaluyu.
    2. Tim 2 menuju Kecamatan Gedebage dengan kelurahan Cisaranten Kidul dan Rancanumpang. Serta Kecamatan Panyileukan dengan Kelurahan Cipdung Kidul dan Mekarmulya.
    3. Tim 3 menuju Kecamatan Bandung Wetan dengan Kelurahan Cicadas, Cikutra dan Sukapada. Serta Kecamatan Cibeunying Kidul dengan Kelurahan Citarum dan Tamansari.
    4. Tim 4 menuju Kecamatan Antapani dengan Kelurahan Antapani Tengah dan Antapani Kidul. Serta Kecamatan Arcamanik dengan Kelurahan Cisaranten Endah dan Cisaranten Kidul.
    5. Tim 5 menuju Kecamatan Sukajadi dengan Kelurahan Cipedes dan Sukabunga. Serta Kecamatan Cicendo dengan Kelurahan Pajajaran dan Sukaraja.

    (Yusuf Mugni/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img