spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Podcast, Bagaimana Cara Memulainya? Simak Tipsnya!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Podcast saat ini merupakan platform audio yang banyak anak muda menyukainya. Merupakan suatu platform audio berisikan konten laiknya siaran di radio, biasanya pengguna memakainya untuk sekedar monolog atau bahkan dialog untuk membahas berbagai macam topik. 

    Podcast sendiri dapat didengarkan melalui beberapa media lainnya seperti Apple Podcast, Spotify, Google Podcast, Noice, Overcast dan lainnya.

    Beberapa konten kreator bahkan membuat konsep Podcast mereka seperti layaknya Talk Show, tidak hanya audio lewat podcast saja namun menyajikan konten visual (video). Lalu menayangkannya lewat laman YouTube supaya views serta engagement konten tersebut meningkat.

    Baca Juga: Cara Konten Bisa FYP di TikTok

    Berikut tips-tips untuk memulai Podcast

    1. Tentukan Konsep

    Bekal dasar memulai sebuah Podcast adalah tentukan topik apa yang nantinya akan konsisten kamu bahas kedepannya. 

    Tentukan konsepnya seperti apa, apakah akan fokus dengan konten monolog atau wawancara. Tentukan juga apakah konsep yang akan kita tampilkan cukup dengan audio content only atau dengan visual content-nya.

    2. Tentukan Frekuensi Tayang dan Penjadwalan Topik (Scheduling)

    Apakah akan ada konten baru setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Kita harus menyesuaikan dengan waktu dan periode produksi konten, jangan lupa untuk scheduling topik bahasan setiap bulannya. Sebaiknya setiap awal tahun, konten kreator dapat membuat content plan untuk satu tahun atau enam bulan kedepan. 

    3. Mulai Produksi Konten

    Gunakan beberapa aplikasi untuk merekam dan membagikan kontenmu kebanyak Podcaster menggunakan Aplikasi Anchor untuk merekam konten audio dan membagikannya ke beberapa platform audio lain seperti Spotify, Noice, Apple dan lainnya. Melalui anchor dapat dilakukan audio editing dan penambahan backsound.

    4. Konsisten dan Tepati Tenggat Jadwal

    Jika jadwal episode baru setiap Senin, maka kita harus konsisten. Begitu juga jika memiliki editor dan para tamu. Hargai waktu dan jadwal mereka, milikilah manajemen dan komunikasi yang baik serta profesional

    Baca Juga: Merinding! Inilah Beberapa Film Horor Indonesia Terbaru dan Terseram

    5. Perbanyak Listener

    Untuk menumbuhkan jumlah pendengar, maka butuh menyebarkan cuplikan/snippet konten ke berbagai sosial media.

    6. Review Konten

    Setelah konten rilis dan live di beberapa Platform kita dapat melihat beberapa parameter analitik sederhana seperti total plays dan audience dari setiap episode yang kita rilis. Berdasarkan angka tersebut kita dapat menilai keberhasilan konten kita dan memahami preferensi topik yang pendengar sukai.

    Spotify merupakan pilihan terbaik dalam platform ini, karena banyak pendengar baru yang malas mengunduh aplikasi khusus. Tetapi sebaiknya gunakan (juga) iTunes/Apple Podcast. 

    Saat ini Apple Podcast adalah jalan terbaik untuk meraih lebih banyak pendengar baru, terutama di luar negeri. Algoritma mereka adalah yang terbaik dalam merekomendasikan podcast baru. Aplikasi podcatcher lain sering memakai katalog seperti Podcast Addict.

    Itu dia beberapa tips untuk memulai Podcast pribadi kita. Sejauh ini ukuran konten tidak secara otomatis berdasarkan jumlah subscribers atau views seperti yang berlaku pada Youtube.

    Namun apabila konten kita sudah banyak pendengar dari berbagai kalangan, maka tawaran endorsement, iklan dan lain sebagainya terbuka luas.

    (Marliah/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img