spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Wasekjen Partai Demokrat: Proporsional Tertutup Kemunduran Demokrasi

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari menyatakan, kemungkinan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 akan kembali menggunakan sistem proporsional tertutup.

    Pernyataan tersebut memancing steatmen keras Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina.  

    Melalui akun twitternya, Wasekjen Partai Demokrat, menyindir keras usulan tersebut.

    BACA JUGA: Legislator Demokrat: Proporsional Tertutup ‘Rakyat Beli Kucing dalam Karung’

    “Ini kemunduran demokrasi !!! Set back lagi kita… Rakyat dipaksa memilih wakilnya seperti memilih kucing dalam karung,” tulis purnawirawan lulusan Akademi Militer tahun 2000 yang satu ini.

    “Rakyat ingin bisa memilih langsung siapa wakil-wakilnya yang akan duduk di Senayan dengan memilih nama, bukan hanya sekedar memilih partai,” kata Wasekjen Partai Demokrat.

    “Jika sistem proporsional tertutup diterapkan. Ini artinya memangkas hak politik warga negara yang ingin memilih langsung wakil rakyatnya yang mungkin sudah dikenal dan dipercaya untuk menyampaikan aspirasinya,” pungkas Wasekjen Partai Demokrat dalam keterangan tertulisnya.

    BACA JUGA: Ini Tugas Tim Satgas Tasik Resik

    Sebagai informasi, Ketua KPU RI, menyampaikan steatmen tersebut dalam sambutan acara catatan akhir tahun 2022 KPU RI bertempat di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022) lalu.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img