spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Masjid Al Jabbar Siap Diresmikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masjid Raya Al Jabbar di Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung akan diresmikan 30 Desember 2022. Hari ini masjid megah itu pembangunan fisiknya sudah 95 persen lebih dan akan rampung 10 hari ke depan.

    Sekretarus Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Iwan Suwanagiri mengatakan bahwa progresnya tinggal beberapa item saja dan sudah cukup siap diresmikan akhir tahun ini.

    Al Jabbar
    Masjid-Al-Jabbar-di-Cimincrang (web)

    “Tinggal merapikan dan pemangasan barang-barang. Akses jalannya juga sudah selesai, lahan untuk putaran bus pun sudah selesai, paling tinggal drainase saja,” kata Iwan di Masjid Al Jabbar, Selasa (20/12/2022).

    BACA JUGA: DPRD dan DMI Jabar ingin Al Jabbar Jadi Ikon Internasional

    Begitupun dengan karpet yang didatangkan dari Turki, saat ini sudah berada di Bandara Soekarno-Hatta dan segera dikirim ke Bandung. “Kalau terpasang itu artinya progres sudah 98 persen. Ini luar area pembangunannya mencapai 25,997 hektar dengan daya tampung puluhan ribu orang. Sekitar 33 ribu orang,” kata Iwan.

    Adapun fasilitas yang ada di Al Jabbar atau Masjid Apung, yakni selasar, plaza, ruang Salat mezanin dan ruang Salat utama. Kapasitas di selasar sekitar 3.627 orang, plaza 16,363 orang.

    Tempat Salat Utama Masjid Al Jabbar (LIN)
    Tempat Salat Utama Masjid Al Jabbar (LIN)

    “Jika digabungkan dengan tempat Salat utama dan mezazine bisa menampung 33 ribu orang. Beberapa fasilitas di Masjid Al Jabbar ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat umum. Di dalamnya nanti ada museum dan taman untuk wisata religi, termasuk ada danau,” kata Iwan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img