spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    DPRD dan DMI Jabar ingin Al Jabbar Jadi Ikon Internasional

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masjid Raya Al Jabbar dinilai sebagai mahakarya Jawa Barat dan lahir dari sumbangsih semua pihak.

    Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh mengatakan, sejak dirinya duduk sebagai anggota dewan Jabar 2014 lalu, masjid tersebut sudah diinisiasi oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, DPRD dan para pihak.

    “Masjid ini mahakarya Jabar dan ini hasil urunan rembuk bersama sejak 2014. Arsiteknya Kang Ridwan Kamil lalu ditakdirkan menjadi gubernur,” kata Oleh dalam acara Gaspop PWI Gedung Sate bertajuk ‘Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal’ di Bandung, Selasa (20/12/2022).

    Dia berharap mahakarya ini tidak hanya dijadikan kebanggaan warga Jabar tetap juga internasional. Lebih jauhnya memberi kontribusi pada kehidupan beragama.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sebut Masjid Raya Al-Jabbar Terkeren Se-Indonesia

    Menurut dia, Al Jabbar bisa menjadi sarana edukasi warga Muslim untuk mempelajari khazanah Islam baik dunia maupun Jabar. Dengan begitu pengunjung akan mendapat oleh-oleh sejarah, gambaran Islam masuk ke Jabar

    Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar Edi Komarudin mengapresiasi hadirnya Masjid Al Jabbar ini. Pihaknya bahkan memuji Ridwan Kamil yang bisa mewujudkan masjid yang megah sekaligus merancang bangun.

    “Banyak pemimpin yang hanya bisa membangun , tapi bukan arsiteknya,” kata Edi.

    Dia berharap Al Jabbar tidak hanya menjadi ikon Jabar tetapi juga dunia. Tidak hanya menjadi pusat ibadah, tetapi pusat peradaban, memberikan warna dan pencerahan bagi masjid yang lain terkait tata kelola.

    DMI berharap Al Jabbar bisa menjadi rujukan masjid lain sebagai masjid yang ramah anak, memiliki fungsi sosial, melahirkan wirausaha, dakwah dan hukum pengelolaan ZIS internasional hingga pengelolaan lingkungan.

    “Semoga masjid ini bisa dimakmurkan jamaah dan memakmurkan jamaah,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img