spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Moeldoko Sebut KUHP Baru Bukan Untuk Kepentingan Pemerintah

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru bukan untuk kepentingan pemerintah saat ini.

    Hal itu Moeldoko ungkap dalam rapat koordinasi KUHP bersama kementerian/lembaga.

    “Sebagai produk hukum, KUHP mendekonstruksi paradigma hukum pidana menuju keseimbangan antara kepastian hukum dan keadilan. Oleh karenanya, KUHP merupakan manifestasi dari reformasi hukum yang selama ini sesuai arahan Bapak Presiden, terutama dalam hal penataan regulasi hukum pidana,” kata Moeldoko, Rabu (13/12/2022)

    BACA JUGA: Hasil Poligraf Berbohong, Ferdy Sambo: Isu Titipan Penyidik!

    Dia mengatakan, meskipun memiliki tujuan dan dampak yang mulia, KUHP saat ini menjadi target mispersepsi bahkan hoaks, baik dari dalam maupun luar negeri, lantaran belum adanya pemahaman jelas di masyarakat.

    Maka, kata dia, selama tiga tahun masa transisi, pemerintah akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat dan aparat penegak hukum.

    BACA JUGA: ‘Hattrick’, Demokrat Didapuk Sebagai Partai Politik Terinformatif

    Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan pemerintah terus berupaya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap jalannya demokrasi di Indonesia, salah satunya dengan tidak menjadi anti kritik.

    “Masih akan banyak yang mengkritik, itu tidak apa-apa. Kita punya waktu tiga tahun untuk berdiskusi nanti. Soal substansi, jika masih ada yang kurang, silakan perdebatkan,” kata Mahfud, melansir IDN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img