spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Buku “Jalan Cinta dan Pengabdian Mang Oded” Diluncurkan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota DPRD Jawa Barat Siti Muntamah (istri Almarhum Mang Oded) meluncurkan buku berjudul ‘Jalan Cinta dan Pengabdian Mang Oded’ di Hotel Grand Serela, Jalan Riau, Kota Bandung, Sabtu (10/12/2022).

    Peluncuran buku digelar bertepatan dengan satu tahun meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M Danial 10 Desember 2021 lalu.

    buku
    Satu Tahun Kepergian Mang Oded, Istri Luncurkan Buku (Yusuf)

    Seperti diketahui, Mang Oded meninggal dunia akibat terkena serangan jantung saat hendak menunaikan shalat jumat di Masjid Mujahidin. Almarhum dimakamkan bersebelahan dengan makam orangtuanya di Kota Tasikmalaya.

    Buku berisi 150 halaman itu menceritakan kisah perjalanan Mang Oded sejak kecil, ketaatan almarhum terhadap agama hingga mencapai puncak kariernya menjadi Wali Kota Bandung. Kisah tersebut diceritakan istri almarhum, keluarga, kawan politik hingga rekan lintas agama.

    BACA JUGA: Laris Manis, Penjual Buku Dadakan di Pasar Ciamis Diserbu Pembeli

    Siti Muntamah mengisahkan bahwa dirinya bersama almarhum membina rumah tangga selama 15 tahun tiga bulan. Banyak warna kehidupan diarungi dirinya bersama Mang Oded.

    Sikap almarhum yang sangat baik membuat Siti Muntamah berkaca-kaca saat mengenang Mang Oded dalam kisah di buku itu. Sosoknya yang bertanggungjawab membuat semua keluarga sangat kehilangan.

    “Setiap manusia memiliki pilihan, dan saat memilih dia harus bertanggungjawab. Itulah cinta yang diajarkan Mang Oded,” kenang dia.

    Di hadapan para undangan, Siti Muntamah bercerita bahwa selain bertanggungjawab, almarhum juga romantis, tidak pernah marah dan tidak menegur yang tidak perlu.

    “Dia (almarhum) sangat hangat dan memberikan sangat menghormati semua pemikiran yang saya sampaikan,” kata dia.

    Besarnya cinta Siti Muntamah kepada almarhum pulalah yang mendorong dirinya mengabadikan kisah suaminya itu dalam sebuah buku. Dia berharap cinta yang dirasakan terhadap Mang Oded bisa juga dirasakan masyarakat Kota Bandung.

    “Kenapa menuliskannya satu, cinta. Cinta ini yang ingin ditumbuhkan disempurnakan untuk masyarakat. Dari buku ini dituliskan cinta saya ke Mang Oded,” kata dia.

    BACA JUGA: Terdakwa Asusila Operasi Yustisi Kota Bandung Jalani Sidang Tipiring

    Hadir dalam peluncuran itu Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu, Kyai Miftah Farid, Guru Besar UPI Prof Karim Suryadi, adik Mang Oded, Sohibul Iman, tokoh lintas agama dan sejumlah pejabat Pemkot Bandung.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img