spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    IPKINDO Buktikan Pelestarian Lingkungan Dilahan Lapas Kota Banjar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) Ciamis, Banjar, dan Pangandaran melakukan gerakan menanam pohon dalam mewujudkan kelestarian lingkungan. 

    Gerakan menanam pohon tersebut dilakukan di lahan Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Kelas IIB Banjar, Jawa Barat. Kamis (8/12/2022). 

    Ketua DPD IPKINDO Ciamis, Banjar, Pangandaran, Amin Budiman mengatakan dalam kehidupan, manusia akan selalu bergantung pada keberadaan pohon, begitu juga sebaliknya. Masing-masing dari keduanya memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. 

    BACA JUGA: Lapas Banjar Bagikan Karya WBP untuk Korban Gempa Cianjur

    Pohon dikatakan Amin memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia. Maka manusia harus menjaga serta merawat lingkungan. 

    “Kali ini kami mengadakan gerakan menanam pohon untuk mewujudkan penghijauan kembali daerah ini,” katanya. 

    Penghijauan ini merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Dalam penghijauan kali ini pihaknya memilih menanam pohon buah-buahan agar hasilnya pun bisa menghasilkan keuntungan ekonomi. 

    “Dalam penanaman kali ini kami menanam pohon belimbing, jadi selain kami menargetkan penghijauan hasilnya pun bisa dimanfaatkan dan bisa menjadi keuntungan ekonomi bagi yang mengelolanya,” kata dia. 

    Tapi, tadi disampaikan Kepala Lapas Kelas IIB Kota Banjar, Mohamad Maolana bahwa pohon yang ditanam di lahan sarana dan edukasi Lapas Banjar maka bisa dinikmati oleh semua orang. 

    “Tapi untuk penanaman disini seperti yang disampaikan bapak Maolana bahwa ‘Apa yang ditanam oleh kami halal untuk semua’, maka nantinya hasil buah belimbing ini bisa dinikmati oleh semua orang,” kata dia. 

    Kalapas Banjar Mohammad Maolana menyambut baik kedatangan dari para penyuluh kehutanan ini, pihaknya juga bangga bahwasannya kedatangan para penyuluh kehutanan ini sebagai bentuk kepedulian dan keberkahan bagi Lapas Banjar. 

    “Lapas Banjar memiliki program unggulan salah satunya Tafakur yakni Tadabur Alam, Hafalan Quran dan Qurban. Kegiatan ini sebagai bentuk mendukung program unggulan Lapas Banjar yakni Tadabur Alam,” ucapnya. 

    Keberadaan Lapas Banjar yang terletak di bukit Gunung Putri ini suatu keberkahan yang patut disyukuri, lahan yang dimilikinya bisa ditanami aneka tanaman yang akan bermanfaat kelak. 

    BACA JUGA: Lapas Banjar Targetkan Sumbang PNBP Lewat Budidaya Lebah

    “Disini pun banyak ditanam pohon seperti pohon durian, mangga, nangka, mahoni, albasia, kelapa dan tentunya yang ditanam sekarang oleh penyuluh pertanian yaitu belimbing,” kata Maolana. 

    Pihaknya berharap gerakan seperti yang dilakukan para penyuluh ini bisa mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar mau dan mampu mendukung pembangunan kehutanan atas dasar iman dan taqwa. 

    “Dengan begitu masyarakat bisa sadar akan pentingnya sumberdaya lingkungan bagi kehidupan manusia,” pungkasnya. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img