spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Lapas Banjar Targetkan Sumbang PNBP Lewat Budidaya Lebah

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) targetkan menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui keuntungan budidaya lebah Trigona. 

    Menurut Kepala Subsi Kegiatan Kerja Lapas Banjar, Doni Irawan, saat ini pihaknya tengah menjalankan program budidaya lebah Trigona untuk meningkatkan produktivitas warga binaan. 

    BACA JUGA: 5 Aplikasi Anti-stalker Untuk Blokir Panggilan Tak Dikenal

    Budidaya lebah bermula dari pemanfaatan lahan di sekitar Lapas Banjar yang memiliki area cukup luas serta  pemanfaatan vegetasi/bunga yang melimpah

    “Kami targetkan hasil dari budidaya lebah bisa menambah PNBP di Lapas Banjar. Mudah-mudahan bisa berkembang biak dengan baik, bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk Warga Binaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/7/2022). 

    Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perlebahan, Asep Sulaemam yang bergerak dibidang peternakan lebah Trigona sekaligus sebagai asosiasi perlebahan Indonesia (Madu Raviz) mengatakan, selain untuk menambah PNBP, program budidaya lebah trigona ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas warga binaan. 

    Menurut Dia, budidaya ternak lebah Trigona berpotensi menjadi salah satu unggulan program kegiatan kerja di Lapas Kelas IIB Banjar.

    Asep mengatakan, madu lebah Trigona merupakan suplemen konsumsi kesehatan masyarakat seperti propolis dan bee polen.

    Budidaya lebah Trigona mampu meningkatkan produktivitas warga binaan selama menjalani masa pidananya di dalam Lapas.

    “Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari usaha ternak lebah Trigona,” ungkapnya.

    Kepala Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar, Mohamad Maolana mengatakan, pihaknya sangat mendukung program kerjasama pada bidang budidaya lebah trigona. 

    Dirinya berharap, program ini menjadi salah satu program pembinaan unggulan di Lapas Banjar. 

    BACA JUGA: Terima SK, Anjar Asmara Resmi Pimpin DPC Demokrat Ciamis

    “Warga Binaan akan diberi bekal pengetahuan yang cukup pada bidang ini.  Harapannya, dapat dikembangkan ketika mereka sudah bebas nanti,” tutupnya. 

    (Budiana Martin/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img