spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Sekda Kota Bandung Tegaskan Kawasan Zona Merah Harus Bebas dari PKL

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan kawasan zona merah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung harus bebas dari kegiatan berdagang.

    “Kita akan menangani serta menata PKL di kawasan Jalan Sukajadi. Selain itu juga di kawasan Rumah Sakit Hasan Sadikin,” kata Ema Sumarna saat peninjauan lapangan di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Jabar, Kamis (24/11/2022).

    Ema menjelaskan, penataan di kawasan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) juga menunggu kolaborasi dengan pihak rumah sakit. Untuk menentukan lokasi pemindahan para PKL, khususnya yang berada di sisi barat (terusan Jalan Sederhana) dan juga Jalan Rumah Sakit.

    Baca Juga: Sekda Kota Bandung: Kecamatan dan Kelurahan Harus Tingkatkan Kualitas Layanan Dasar

    “Silakan pak Camat, pak Kepala Dinas KUKM berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. Semoga dalam waktu dekat ini lahan untuk menata PKL di ruas jalan tersebut (terusan Jalan Sederhana) sudah clear,”ucapnya.

    Jika sudah tertata, Ema berpesan tidak ada lagi toleransi bagi kegiatan PKL di kawasan zona merah. Hal itu juga berlaku di sepanjang Jalan Sukajadi, sebagai zona merah PKL.

    “Tidak boleh, dengan alasan apapun, lokasi itu untuk berdagang. Kepentingannya untuk jalur lalu lintas, trotoar untuk tempat berjalan pejalan kaki,”tegasnya.

    Sistem Penataan PKL di Zona Merah

    Untuk sementara, pihaknya meminta sistem penataan PKL di kawasan tersebut dengan cara menetapkan pembatasan waktu. Artinya, memperbolehkan PKL di kawasan Jalan Sukajadi untuk tetap berdagang, namun tidak boleh meninggalkan perangkat dagangnya di lokasi.

    zona merah pkl
    Pedagang kaki lima di kawasan jalan Sukajadi Kota Bandung (fokusjabar/Yusuf Mugni)

    “Sekali lagi, ini untuk sementara,” ujarnya.

    Ema menambahkan, Pemerintah kota Bandung tidak ada niat mematikan usaha masyarakat. Hal ini agar Kota Bandung menjadi kota yang nyaman dan sama-sama bisa kita nikmati oleh semua pihak.Baik masyarakatnya maupun para turis yang datang.

    “Kita ingin mengembalikan sejarah lama Jalan Sukajadi sebagai jalan yang indah, bersih, dan nyaman. Kita hadirkan kenyamanan tersebut karena kota Bandung tidak hanya kita saja yang dapat menikmatinya. Melainkan juga oleh para tamu yang datang berkunjung ke Bandung,” pungkasnya.

    Baca Juga: Gelapkan Mobil, Nasabah Adira Finance di Banjar Divonis 1 Tahun Penjara

    Selain kawasan Jalan Sukajadi, Pemkot Bandung juga menata PKL di beberapa kawasan. Seperti Kawasan Teras Cihampelas, Lapangan Gasibu, Cicadas, serta Alun-alun Bandung.

    (Yusuf Mugni/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img