spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Lepas Tim BPBD, Bupati Ade Sugianto Berpesan Utamakan Keselamatan

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Untuk membantu korban gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menerjunkan 28 personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Selasa (22/11/2022).

    Mereka yang terdiri dari 6 Aparatur Sipil Negara (ASN) BPBD, 10 orang SATGAS BPBD, 4 orang tim kesehatan SIGESIT dan 8 orang BEM UMTAS.

    Diberangkatkan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, dengan membawa misi kemanusiaan untuk membantu para korban gempa bumi M 5,6 yang menyebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Cianjur.

    Selain personil, dengan menggunakan armada 2 truk, 2 minibus dan 1 ambulance, sejumlah bantuan antaralain 150 paket kidware, rekreasional 80 paket, selimut 70 buah dan 50 buah tas sekolah juga turut diangkut.

    Termasuk 1 dus pampers, 1 ton beras, mie instan 118 dus, pakaian 45 karung (berbagai jenis pakaian).

    Sedangkan untuk peralatan evakuasi yakni sekop 50 buah garfu 50 buah, golok 50 buah, sabun cair 96 botol, hand sanitizer 112 botol, masker kain 5.000 pcs.

    “Personil dan bantuan sudah kami berangkatkan dan dilepas langsung Bupati Tasikmalaya,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Tresna Somanteri.

    Mereka terang dia, akan bertugas membawa misi kemanusiaan untuk selama beberapa hari ke depan.

    Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Perlindungan Korban Bencana pada Dinas Sosial PPKBP3A Kabupaten Tasikmalaya, Edi Mulyana, mengatakan, sebanyak 8 orang tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya sudah diberangkatkan ke Kabupaten Cianjur.

    Mereka terang dia, dikirim dalam rangka memenuhi dan menindaklanjuti instruksi Kementerian Sosial agar setiap daerah dapat membantu dalam proses penanggulangan Bencana di Cianjur.

    “Jadi ke 8 orang tersebut nantinya akan disebar dan bergabung dengan keahlian masing-masing di antaranya dapur umum lapangan (Dumlap), Pengungsian (Shelter), Evakuasi dan Layanan Dukungan Psikososial (LDP),” jelas Edi Mulyana.

    Disebutkan, pengiriman anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya ini tentunya guna membantu masyarakat Cianjur pasca diguncang gempa berkekuatan 5,6 magnitudo, pada Senin kemarin 21 November 2022.
    Sebelumnya, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto berpesan, agar tim kemanusiaan tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan selama bertugas di Cianjur.

    “Bantu para korban dengan baik dan hati-hati serta penuh rasa tanggung jawab. Tetapi jangan lupa tim harus bisa menjaga kesehatan dan keselamatan diri agar misi kemanusiaan ini berjalan lancar,” kata Ade.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img