spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    DEP Management Bantu Pengembangan UMKM dan Pemilik Brand Se-Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pebisnis andal, Dewa Eka Prayoga meluncurkan Dewa Eka Prayoga Management (DEP) untuk pengembangan bisnis para pelaku UMKM dan pemilik brand di seluruh Indonesia. 

    Dewa Eka Prayoga yang juga dikenal sebagai Dewa Selling itu mengatakan, para pelaku UMKM dan pemilik brand umumnya membutuhkan exposure lebih dalam memasarkan produknya. Di sisi lain, mereka kerap menghadapi masalah pemasaran, termasuk fundamental keuangannya. 

    Menurut Dewa, panggilan akrabnya, hadirnya DEP bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kerap dihadapi para pelaku UMKM dan pemilik brand tersebut, agar bisnisnya dapat terus berkembang dan meraih sukses.

    BACA JUGA: JNE Gandeng Dewa Eka Prayoga Dorong UMKM Indonesia Naik Kelas

    “Jadi lebih ke sistematis bagaimana kita menebarkan manfaat lewat apa yang kita miliki. Kalau misal brand berarti exposure dari brand-nya itu sendiri semakin besar dengan segala akses di sosmed seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube dan macam macam. Untuk UMKM tidak hanya exposure, tapi juga dari segi strategi dan juga fundamental,” kata Dewa dalam peluncuran DEP Management di The Saparua, Jalan Ambon, Kota Bandung, Selasa (22/11/2022). 

    Menurutnya, permasalahan dalam UMKM itu adalah marketing dan terkadang masalah keuangan, lewat DEP Management menurutnya, para pengusaha bisa profit dengan bekal pelatihan dan sejenisnya.  

    “Saya sebelum DEP Management, dirinya juga telah sering membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan omset dan profitnya,” kata dia

    Namun, dia mengaku, bantuan yang diberikan masih sangat terbatas. Maka dari itu, hadirnya DEP Management diharapkan bisa lebih membantu para pelaku bisnis maupun UMKM tumbuh secara signifikan.

    “Kalau kemarin kan ibaratnya kaya diam diam. Kalau ada yang ngontrak silahkan, kalau gak ya gak ada masalah. Bahkan saya sering menolaknya karena kan gak ada yang ngurusin. Nah, sekarang ada DEP Management, ada tim di dalamnya. Semoga makin banyak lagi brand yang terbantu, semakin besar lagi brand-brand tumbuh lagi dengan signifikan,” kata dia.

    Pengusaha muda yang juga dikenal sebagai business owner, best selling author, hingga business coach itu memastikan bahwa siapapun bisa bergabung dengan DEP Management dan pihaknya tidak membatasi produk yang dipasarkan. 

    “Kita gak membatasi jenis atau kategori produk, tapi yang kita lihat adalah produk market fit-nya karena kita juga ada garap snack, ada klinik, ada skincare, ada juga digital produk. kalau memang produknya market fit, founder-nya chemistry-nya dapet sama kita kemudian sama visi misinya, tidak menutup kemungkinan kita bantu juga,” katanya.

    Disinggung soal target pelaku UMKM dan pemilik brand yang bergabung dengan DEP Management, Dewa menargetkan sebanyak mungkin pelaku UMKM dan pemilik brand bergabung dengan DEP Management. Namun, kata Dewa, mengingat kapasitas yang terbatas, pihaknya mau tak mau harus melakukan kurasi. 

    “DEP Management ini baru dirilis, jadi belum ada (UMKM atau brand) yang bergabung. Tapi sebelumnya, yang lewat saya langsung, mereka ibaratnya baru mulai banget, mungkin (omset) masih di bawah Rp1 jutaan, kita push sampai akhirnya naik berkali-kali lipat. Itu harapannya, yang kita bantu total sudah ada 63 brand,” katanya. 

    Dewa menambahkan, DEP Management terbuka bagi para pelaku UMKM dan pemilik brand dari seluruh Indonesia. Meski dirinya tinggal di Bandung, namun ruang lingkup DEP Management berskala nasional. 

    “Untuk seluruh Indonesia. Walaupun saya tinggal di Bandung, tapi lingkupnya Indonesia karena followers saya nomor 1 tuh Bandung, nomor 2 Jakarta, nomor 3 surabaya atau Yogyakarta gitu, tapi ruang lingkup ini kita se-Indonesia,” katanya. 

    Masih di tempat yang sama, Chief Executive Officer DEP Management, Mirza Ghulam mengatakan, perkembangan media sosial saat ini menjadi peluang bagi para pelaku UMKM dan pemilik brand untuk meningkatkan omset penjualannya dengan catatan memahami dan mampu memanfaatkan media sosial tersebut dengan baik.

    BACA JUGA: Oknum Ojek Online Jambret Siswi SMA di Bandung, Alasannya Sepi Orderan

    “DEP Management ini diresmikan untuk membantu banyak brand agar bisa meningkatkan bisnisnya. Tentunya kita berharap dengan adanya DEP ini, kebaikan-kebaikan yang biasanya kecil belum tersistem  dengan adanya DEP bisa lebih profesional. Lalu menambah skill up bisnis brand yang berurusan dengan DEP Management,” katanya. 

    Menurut Mirza, dengan bergabung bersama DEP Management, para pelaku UMKM dan pemilik brand akan mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari profit endorse, joint venture, syirkah, hingga mentoring business di DEP Management.

    Mirza membenarkan bahwa pihaknya akan melakukan seleksi bagi para pelaku UMKM dan pemilik brand sebelum bergabung dengan DEP Management. Seleksi bertujuan untuk memastikan kerja sama tersebut memang sesuai kebutuhan

    “Kalau kerja sama kan yang paling penting adalah selain dari sisi produk tentunya chemistry dan juga visi misinya. Ketika sama insya Allah moga-moga jalannya lebih enak, lebih berkah,” jelasnya. 

    “Jangan sampai nanti teman-teman ketika bekerja sama dengan DEP Management malah rugi. Kalau memang itu cocok, visi misinya sama yuk kita bareng, tapi kalau memang ternyata bisa jalan sendiri ya udah sendiri aja dulu,” kata Mirza.

    Berita Terbaru

    spot_img