spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Kabupaten Bekasi Juara Umum Porprov XIV Jabar, Gubernur: Saatnya Cetak Rekor Hattrick di PON XXI

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022 secara resmi ditutup Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Alun-alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022). Kabupaten Bekasi tampil sebagai juara umum, diikuti Kabupaten Bogor di posisi runner up dan Kota Bandung berada di peringkat tiga klasemen akhir raihan medali.

    Kabupaten Bekasi yang tampil sebagai juara umum berhasil mengoleksi 189 medali emas, 139 perak dan 123 perunggu. Kabupaten Bogor meraih 139 medali emas, 130 perak, dan 123 perunggu. Sementara Kota Bandung di posisi ketiga meraih 121 medali emas, 116 perak dan 157 perunggu.

    “Selamat untuk Kabupaten Bekasi yang sudah berhasil menjadi juara umum,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan di acara Penutupan Porprov XIV Jabar tahun 2022 di Alun-alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

    Gubernur yang akrab disapa Emil ini menyatakan jika perhelatan Porprov XIV Jabar ini berhalan dengan sukses meski ditengah segala keterbatasannya. “Selamat untuk Kabupaten Ciamis dan kota kabupaten lain yang sudah sukses sebagai penyelenggara Porprov XIV Jabar,” Emil menegaskan.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar penutupan
    Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan di Upacara penutupan Porprov XIV Jabar tahun 2022 di Alun-alun Ciamis. (FOTO: Ageng)

    Pelaksanaan Porprov XIV Jabar, lanjut Emil, diharapkan bisa melahirkan potensi-potensi atlet baru sebagai modal untuk persiapan menuju PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Dengan demikian, target mempertahankan juara umum bisa dicapai.

    “Untuk 2024, kita akan ikut PON XX di Sumut dan Aceh. Kita buktikan Jabar mampu menjadi juara umum sekaligus memecahkan rekor dengan tiga kali juara umum. Dan dengan mengucap Alhamdulillahirobbilalamin, Porprov XIV Jabar tahun 2022 secara resmi ditutup,” kata Emil.

    BACA JUGA: Tolak Permenaker 18/2022, Apindo Jabar: Disparitas Upah Akan Makin Parah

    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengatakan, pencapaian Kabupaten Bekasi sebagai juara umum tidak terlepas dari penampilan para atletnya di tiga kategori cabang olahraga. Yakni di cabang olahraga terukur, permainan dan penilaian sebagai kontingen peraih medali emas terbanyak.

    “Untuk kategori cabor terukur, Kabupaten Bekasi meraih prestasi tebaik dengan 86 medali emas, diikuti Kabupaten Bogor dengan 55 emas, dan Kabupaten Bandung 40 emas. Lalu di cabor permainan, kabupaten bekasi meraih 39 emas, Kabupaten Bogor 37 emas, dan Kota Bandung 29 emas. Kemudian di cabor penilaian, kabupaten bekasi mendapatkan 25 emas, Kabupaten Bogor 20 emas, dan Kota Bandung 17 emas. Sementara untuk cabor beladiri, kota bogor menjadi yang terbaik dengan 39 emas, lalu kabupaten bekasi 35 emas, dan Kota Bandung 29 emas, serta kontingen terbaik di cabor beregu yakni Kota Bandung dengan 6 emas, Kota Bekasi dengan 4 emas, dan Kabupaten Subang dengan 4 emas,” kata Ahmad saat ditemui usai penutupan Porprov XIV Jabar di Alun-alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar penutupan
    Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat menyampaikan sambutan di Upacara penutupan Porprov XIV Jabar tahun 2022 di Alun-alun Ciamis. (FOTO: Ageng)

    Terlepas dari pencapaian Kabupaten Bekasi, Ahmad mengaku jika persaingan antar kota/kabupaten di ajang Porprov XIV Jabar kali ini lebih merata. Dominasi satu atau dua daerah di ajang porprov tidak terlalu kentara dan beberapa kota/kabupaten sudah memperlihatkan hasil pembinaan atletnya.

    “Seperti Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi yang membayangi terus posisi tiga besar klasemen selama gelaran porprov. Demikian juga kota dan kabupaten lain yang sebelumnya berada di peringkat 10 berhasil terakhir berhasil naik dalam raihan medali meski ada juga yang turun. Dan untuk Porprov XIV Jabar kali ini, semua kontingen peserta mampu meraih medali emas,” kata dia,

    Beberapa fenomena pun diakui Ahmad terjadi dalam penyelenggaraan Porprov XIV Jabar tahun 2022. Salah satunya dari proses regenerasi atlet sebagai pengganti atau pelapis atlet senior untuk kontingen Jabar di ajang PON XXI tahun 2024 mendatang.

    Dari 13.050 atlet dari 27 kota/kabupaten yang berpartisipasi dalam Porprov XIV Jabar, lanjut Ahmad, sebanyak 90 persen diantaranya merupakan atlet pendatang baru. Bahkan beberapa atlet diantaranya sudah mampu mencapai babak final di nomor cabang olahraga masing-masing dan mengalahkan atlet senior.

    “Ini menunjukkan jika pembinaan yang dilakukan KONI serta pemerintah kota dan kabupaten di Jabar sudah cukup baik. Ini menjadi modal untuk PON XXI 2024 dimana kita (Jabar) bertekad mempertahankan juara umum dan mencetak hattrick,” Ahmad menegaskan.

    BACA JUGA: Tim Squash Kota Bandung Juara Umum Porprov XIV Jabar 2022

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar penutupan
    Upacara penutupan Porprov XIV Jabar tahun 2022 di Alun-alun Ciamis. (FOTO: Ageng)

    Terkait penyelenggaraan, Ahmad mengatakan jika Porprov XIV Jabar berangkat dari kondisi yang tidak cukup ideal. Meski demikian, sembilan kota/kabupaten yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara bisa melaksanakannya dengan baik dan sukses.

    “Antusiasme masyarakat pun sangat tinggi terhadap penyelenggaraan Porprov XIV Jabar, tidak hanya hadir secara langsung di venue-venue cabor tapi juga secara virtual dengan menonton siaran langsung pertandingan di kanal youtube pemkab/pemkot tuan rumah penyelenggara maupun KONI Jabar. Memang ada beberapa dinamika namun instrumen yang dikeluarkan kita semua bisa mengatasinya dan kita akan evaluasi bersama agar penyelenggaraan kedepan lebih baik lagi,” kata Ahmad.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img