spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Pidato di G20, Zelenskyy Minta Perang Diakhiri dengan Adil

    BALI,FOKUSJabar.id: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, meminta Rusia segera menghentikan invasi di negaranya.

    Hal itu ia sampaikan saat berpidato secara virtual di KTT G20 yang digelar di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

    “Ukraina selalu menjadi pemimpin dalam upaya pemeliharaan perdamaian, dan dunia telah melihatnya. Dan jika Rusia mengatakan bahwa mereka ingin mengakhiri perang ini, biarkan itu mereka buktikan dengan tindakan,” kata Zelenskyy dalam pidatonya.

    BACA JUGA: Ratusan Ribu Warga Spanyol Demo Tolak Pemotongan Anggaran Kesehatan

    “Kami tidak akan membiarkan Rusia menunggu, membangun kekuatannya, dan kemudian melontarkan lagi serangkaian teror dan kekacauan global. Saya yakin bahwa perang Rusia yang menghancurkan harus dan dapat dihentikan sekarang,” lanjut dia, seperti dilansir IDN.

    Zelenskyy juga meminta agar perang antara negaranya dan Rusia diakhiri dengan seadil-adilnya.

    “Saya ingin perang Rusia agresif ini berakhir dengan adil dan berdasarkan pada Piagam PBB serta hukum internasional, dan bukan [dengan cara apa pun], ini rumusan yang tepat dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres,” ujar dia.

    “Tidak perlu menawarkan kepada Ukraina kompromi dengan hati nurani dan keputusan ilegal apa pun. Kami menghormati aturan dan kami menepati kata-kata kami,” tambah Zelenskyy lagi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img