spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Timor Leste Resmi Jadi Anggota Baru ASEAN

    TIMOR LESTE,FOKUSJabar.id: Timor Leste telah resmi menjadi anggota baru ASEAN, Saat ini anggota ASEAN saat ini berjumlah 11 negara.

    Kesepakatan ini akhirnya tercapai pada KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, yang digelar mulai hari ini, Jumat (11/11/2022).

    Dalam dokumen para pemimpin ASEAN, Jumat (11/11/2022), mengakui keanggotaan Timor Leste untuk menjadi negara anggota ke-11.

    BACA JUGA: 130 Anjing Laut Mati Misterius di Pantai Kazakhstan 

    “Para pemimpin ASEAN juga sepakat untuk memberikan status pemantau bagi Timor Leste di mana diizinkan untuk turut serta dalam semua pertemuan ASEAN,” sebut pernyataan itu., seperti dilansir IDN.

    Selain itu, ASEAN juga merumuskan roadmap berbasis kriteria objektif untuk keangotaan. Roadmap ini nantinya akan dilaporkan di KTT ASEAN tahun depan.

    “Semua negara anggota ASEAN dan mitra eksternal harus mendukung penuh Timor Leste untuk menggapai capaian pembangunan kapasitas dan dukungan lain untuk keanggotaan di ASEAN,” lanjut pernyataan itu.

    Saat berkunjung ke Indonesia, Presiden Jose Ramos-Horta mengungkapkan negaranya sudah siap menjadi anggota ASEAN, setelah sekian lama mendaftar untuk bergabung dengan blok tersebut.

    Ramos-Horta mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap upaya negaranya, untuk bergabung menjadi anggota ASEAN.

    “Kami berharap bisa bergabung saat keketuaan Indonesia tahun depan. Kami juga bagian dari Asia Tenggara,” kata Ramos-Horta, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (19/7/2022).

    Ramos-Horta menegaskan bahwa negaranya sudah memenuhi segara syarat yang diajukan agar bisa bergabung dengan ASEAN, seperti di bidang ekonomi dan demokrasi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img