spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Dorong Desa Wisata, Adira Gelar Festival Kreatif Lokal di Alamendah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Adira Dinamika Multi Finance berkolaborasi dengan Kemetrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) di Desa Wisata Alamendah Kabupaten Bandung.

    Kegiatan bertajuk ‘Desa Wisata Ramah Berkendara’ di Alamendah menjadi desa kelima sekaligus terakhir dalam rangkaian Festival Kreatif Lokal 2022 yang dilaksanakan sejak Agustus hingga November 2022.

    Program CSR untuk Indonesia ini di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

    BACA JUGA: Warga Kota Banjar Juarai Kontes Aquascape Internasional

    Festival kreatif lokal tahun ketiga ini meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM.

    Festival ini digelar dilima desa di Jabar dan Bali yang sudah memiliki sejumlah komponen, seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

    “Ini wujud komitmen kami bersama Kemenparekraf RI untuk membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19, dengan mengajak sahabat-sahabat kami dari komunitas motor untuk touring bersama dan memperkenalkan Desa Wisata Alamendah sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif,” kata Direktur Marketing Adira Finance Swandajani.

    Dia berharap, kegiatan tersebut menjadi pemicu semangat para pelaku ekonomi kreatif dan pengelola pariwisata untuk berinovasi, sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisata dan menikmati keunikan Desa Wisata Alamendah.

    Alamendah dipilih karena memiliki potensi yang bisa dikembangkan ke arah lebih baik, terlebih kriteria pendukung sudah memadai.

    “Jalan sudah beraspal, penarangan lalu lintas bagus, SPBU, dan bengkel otomotif. SDM termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata hingga ekosistem pariwisata, seperti tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya sudah ada,” kata dia.

    Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan bersyukur dan mengapresiasi kunjungan serta suport Adira finance, Kemenparekraf dan komunitas motor yang berkontribusi mengembangkan Desa Alamendah.

    “Ini desa percontohan tingkat nasional dan terbaik ke 2 ADWI kategori digitalisasi,” kata Awan.

    BACA JUGA: Soal Banding Pengelola Kebun Binatang Bandung, Sekda: Silakan Saja

    Desa dengan 8700 KK di 30 RW ini hidup harmonis dan nyaman untuk di kunjungi.

    Pihaknya berharap desa ini terus menjadi inspirasi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan sektor ekonomi kreatif.

    “Terima kasih telah memilih desa kami untuk menjadi salah satu destinasi wisata ramah berkendara,” kata dia.

    Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

    Sejalan dengan tujuan Zurich ‘Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama’, Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020.

    Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk Edhi Tjahja Negara mengaku bangga bisa berkolaborasi dan mendukung program yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

    Zurich pun memahami bahwa pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian dan melalui kolaborasi dengan Adira Finance, Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya Desa Wisata.

    “Kami sangat senang dapat melihat antusiasme komunitas motor. Salah satu produk perlindungan motor, Motopro, memastikan bahwa jika terjadi sesuatu pada motor, Anda akan dilindungi dengan baik. Saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img