spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Cara Membuat CV ATS Di Canva, Beserta Tipsnya

    FOKUSJabar.id: CV ATS, Curriculum Vitae adalah sebuah resume penting yang biasanya sebagai syarat dalam mendaftar pekerjaan. Namun tidak sebarang CV, karena dalam proses melamar kerja terutama di perusahaan besar harus menyertakan ATS atau applicant tracking system. Anda bisa membuat CV ATS pada aplikasi seperti Canva.

    Cara Membuat CV ATS di Canva

    1.Buka Website atau Aplikasi Canva

    Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi Canva bisa akses melalui website atau mengunduhnya langsung di Play Store atau App Store

    2. Pilih buat CV atau Resume

    Pilih template CV atau resume yang tersedia. Untuk membuat CV ATS Anda tinggal mencari di kolom template lalu ketik “CV ATS” nanti akan muncul beragam template.

    Baca Juga: 5 Headphone Bluetooth Murah dan Terbaik

    3. Edit template

    Jika Anda sudah memilih template, ubah beberapa format isian dengan data diri kamu dan sesuaikan data-data agar CV atau resume secara lengkap dengan baik.

    4. Unduh dalam format yang sesuai

    Langkah terakhir undu aplikasi sesuai dengan format yang Anda butuhkan misalnya dalam format PDF lalu klik bagian “download” untuk mengunduhnya.

    Berikut rangkuman beberapa tips agar CV terbentuk dengan baik atau ATS Friendly agar mempunyai peluang lolos yang cukup baik.

    1. Cari Tahu Mendalam Untuk Posisi yang Akan Anda Lamar

    Hal pertama tentunya harus memahami pekerjaan apa yang akan kita lamar. Untuk CV ATS perhatikan keyword atau kata kunci yang mempunyai kaitan dengan pekerjaan yang kita lamar.

    2. Buat Judul Bagian-Bagian CV dengan Jelas

    Perjelas bagian-bagian data Anda, misalnya setiap keterangan data mempunyai judul sendiri-sendiri. Seperti bagian akademik, pengalaman, skill hingga pengalaman kerja.

    3. Masukan Data CV dengan Informasi Yang Jelas

    Berikan informasi yang jelas mengenai data diri Anda. informasi tersebut sebisa mungkin harus yang relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar.

    Baca Juga: Tukang Jajanan Cabuli Bocah di Depok Diamankan Polisi

    4. Gunakan Font Standar ATS

    Penggunaan font juga harus kita perhatikan pada saat membuat CV ATS. Rekomendasi Font adalah arial, verdana, lato, georgia, cambria, calibri, hingga helvetica.

    5. Simpan File Menggunakan Format yang Benar

    Simpan menggunakan format doc, namun tidak semuanya perusahaan menggunakan format tersebut. Maka dari itu perhatikan format file apa yang perusahaan tersebut gunakan.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img