spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Pergerakan Tanah Di Rajadesa Ciamis Robohkan Rumah Warga

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pergerakan tanah di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, Jawa Barat membuat rumah milik warga ambruk. Kamis (3/11/2022) kemarin. 

    Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya mengatakan, pergerakan tanah di wilayah tersebut tepat berada di rumah milik Neri di Dusun Citapen Landeuh Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, yang membuat rumah roboh.  

    “Akibat adanya pergerakan tanah (tanah amblas) sekitar 5 Cm, sehingga merobohkan dinding rumah pada bagian dapur dan WC,” katanya. Kamis (3/11/2022).

    BACA JUGA: Komnas HAM: Tak Cukup 6 Tersangka di Tragedi Kanjuruhan

    Ade menuturkan, beruntung dalam musibah bencana tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

    “Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” ucapnya.

    Ade mengatakan, untuk penanganan yang sudah dilakukan saat ini yaitu mengevakuasi Keluarga korban ke tempat yang lebih aman dan memberikan material bangunan, secara bergotong royong yang dilakukan oleh warga masyarakat setempat dibantu oleh Pemerintah Kecamatan serta Desa TNI-Polri Relawan Tagana serta Anggota KSB Rajadesa.

    “Untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan penghuni rumah diungsikan ke rumah kerabat terdekatnya,” kata dia.

    BACA JUGA: Remaja 14 Tahun Diperkosa 9 Orang di Madura

    Ade melanjutkan, untuk penanganan lebih lanjut pihaknya melaporkan bencana kejadian musibah bencana tersebut ke Dinas Instansi terkait yang ada di Tingkat Kabupaten Ciamis.

    “Pasca kejadian musibah ini kami telah melaporkan ke pimpinan,” kata dia. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img