spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari G20

    UKRAINA,FOKUSJabar.id: Ukraina mendesak agar Rusia dikeluarkan dari kelompok G20. Tak hanya itu, negara itu juga meminta undangan Presiden Vladimir Putin untuk menghadiri KTT G20 di Bali, dibatalkan.

    Hal ini tentu berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina yang hingga saat ini masih berlanjut.

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, mengatakan bahwa Rusia secara terbuka mengakui bahwa memang ada serangan rudal terhadap warga sipil dan infrastruktur energi Ukraina.

    “Tangan mereka berlumuran darah. Putin tidak boleh duduk satu meja dengan pemimpin dunia. Undangan Putin ke KTT Bali harus dibatalkan dan Rusia harus dikeluarkan dari G20,” kata Nikolenko, dikutip dari akun Twitternya, Rabu (2/11/2022).

    BACA JUGA: Arab Saudi Mulai Rayakan Hari Halloween 

    Dia menambahkan bahwa Rusia tidak berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi global atau mempromosikan kemakmuran.

    “Kebijakan luar negeri Rusia adalah menghancurkan dunia,” lanjut dia.

    Nikolenko melanjutkan, Rusia juga telah menyebabkan jutaan manusia di dunia kelaparan, menyusul penangguhan kesepakatan pengiriman gandum oleh Rusia.

    “Harga gandum global meningkat 5 persen. Jutaan orang di Afrika dan Asia bakal kekurangan gizi dan kelaparan karena kekejaman Moskow,” ucap dia lagi.

    “Ukraina ingin melanjutkan ekspor biji-bijian kepada mereka yang membutuhkan. Jangan biarkan Rusia membuat dunia kelaparan,” smabungnya.

    Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa tidak ada respons negatif dari kehadiran pemimpin G20. Meski demikian, Retno tidak merinci siapa saja yang dipastikan hadir secara fisik di Bali.

    Hingga saat ini, belum ada kepastian apakah Putin akan datang menghadiri KTT G20 di Bali. Di samping itu, Indonesia juga mengundang Ukraina untuk hadir.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img