spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Politisi Demokrat Garut Buka Pasanggiri Seni Ibing di Cibatu

    GARUT, FOKUSJabar.id: Politisi Partai Demokrat (PD) Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Robi Taufiq Akbar menegaskan, Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional asli Indonesia yang wajib dijaga sekaligus dilestarikan.

    Sayangnya, kata Robi Taufiq Akbar, keberadaan paguron dan atlet Pencak Silat kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

    BACA JUGA: 4 Prajurit Raider 323 Kantongi Medali Kejuaraan Pencak Silat Nasional

    Menurut Dia, minimnya sarana dan prasarana dirasakan juga oleh paguron di wilayah Garut Utara. Di antara mereka masih ada yang belum memiliki sarana alat keseniannya.

    “Ini yang akan kita perjuangkan pada pemerintah agar menggelontorkan anggaran untuk keberlangsungan paguron dan atlet Pencak Silat,” kata politisi Partai Demokrat Garut saat pembukaan Pasanggiri Seni Ibing Milangkala ke-4 Paguyuban Lingkung Seni Sunda (Papiliun) di GOR Desa Sukalilah, Kecamatan Cibatu, Minggu (30/10/2022).

    Robi menyebut, hadir di acara Pasanggiri Seni ibing merupakan salah satu bentuk dukungan dalam “Ngamumule budaya seni bela diri Pencak Silat.”

    “Para atlet begitu semangat menunjukan kebolehannya dalam seni ibing Pencak Silat. Tentu semangat mereka menjaga kelestariannya  harus kita dukung,” tegas Dia.

    Garut merupakan salah satu daerah penyumbang atlet Pencak Silat di kancah internasional.

    Robi berharap, Pemerintah Kabupaten Garut mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan sarana dan prasarana paguron.

    Salah satu pelatih Pencak Silat di Kecamatan Cibatu, Aba mendorong Robi Taufiq Akbar menjadi wakil rakyat agar bisa menyampaikan aspirasi para pengurus paguron ke pihak pemerintah.

    Terlebih, politisi Partai Demokrat ini selalu aktif dan memberikan kontribusi terhadap kegiatan Pencak Silat.

    BACA JUGA: Atlet Pencak Silat Asal Ciamis, Sukses Raih Medali Perak di PON XX Papua

    “Kang Robi selalu peduli. Tercatat sudah tiga kali kegiatan pasanggiri di Garut Utara selalu aktif dan memberikan kontribusi,” katanya.

    Aba mengaku sudah mengenal lama sosok Robi Taufiq Akbar. Dia cepat tanggap dan kerap membantu masyarakat kurang mampu.

    “Jiwa sosial Kang Robi sangat tinggi. Beliau selalu menyempatkan diri dalam memberikan bantuan,” tutup Aba.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img