spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Diguyur Hujan, Ciamis Dikepung Banjir

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis sejak siang hingga malam hari, Selasa (25/10/2022) menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. 

    Menurut Aat Kusmana (52), warga Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, kondisi di daerahnya saat ini terendam banjir hingga ketinggian 1 meter. 

    “Iya ini banjir ketinggian kurang lebih 1 meter,” katanya saat dihubungi FOKUSJabar melalui sambungan telpon, Rabu (26/10/2022) dini hari. 

    BACA JUGA: TPT di Jelat Ciamis Ambruk Hingga Menggerus Jalan

    Aat mengatakan, di daerahnya sudah merendam rumah warga di dua dusun. Yakni Ciparay dan Pabuaran. Dia menyebutkan, kejadian ini diakibatkan kondisi cuaca yang buruk. 

    “Banjir ini terjadi karena dari sejak siang hingga sekarang hujan deras terus mengguyur,” kata dia. 

    Saat dikonfirmasi mengenai kondisi akibat banjir tersebut, Aat menyebutkan pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih detail lantaran situasi sudah malam hari. 

    “Untuk saat ini belum mendapatkan kabar apapun mengenai kejadian lain akibat banjir ini karena sudah malam, namun sepertinya ini banyak warga yang mengalami kerugian akibat banjir ini baik itu lahan taninya, hewan ternaknya, ikan yang hilangnya, kalo kerugiannya belum bisa ditaksir soalnya ini masih malam,” jelasnya. 

    Sementara itu dari informasi yang dihimpun dari Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, wilayah selatan diterjang banjir dari berbagai luapan air sungai. 

    Saat ini pihaknya pun tengah melakukan pendataan rumah yang terendam banjir di wilayah Ciamis Selatan baik Banjarsari dan Pamarican. 

    BACA JUGA: Sungai Cisepet Meluap Jalan Beregbeg-Sukadana Banjir

    “Untuk jumlah rumah terendam sekarang masih pendataan ya, kami saat ini sedang evakuasi dan sedang siaga satu karena hujan masih terus menerus ditakutkan air semakin meluap,” Ujarnya. 

    Hingga berita ini diturunkan situasi keseluruhan banjir dan keterangan jumlah rumah terendam belum bisa dipastikan secara detail. Hujan deras masih mengguyur wilayah ini hingga saat ini. 

    (Budiana Martin) 

    Berita Terbaru

    spot_img