spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    3 Anak di RSHS Diduga Idap Ginjal Akut Misterius

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengonfirmasi tiga anak dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung diduga terpapar gagal ginjal akut misterius. Saat ini petugas tengah melakukan penyelidikan epidemiologi untuk memastikan penyebabnya.

    “Kami baru dapat data dari RSHS, tapi kami harus melacak dulu untuk memastikannya. Kami datangi orangtua tiga anak itu, termasuk cek kronologisnya,” kata Plt Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian di Kiara Artha Park, Jalan Jakarta, Senin (17/10/2022).

    BACA JUGA: Vaksin Cansino mengandung Ginjal Embrio Manusia, Haram!

    Kendati begitu, pihaknya belum bisa memastikan penyakit yang diderita tiga anak itu. Tetapi mereka diduga mengalami gagal ginjal akut misterius.

    Berdasarkan informasi dari RSHS, gejala yang dialami anak-anak itu, yakni demam, bengkak kaki serta penurunan kesadaran. Selain itu penurunan buang air kecil yang diduga mengarah kepada gagal ginjal akut misterius.

    “Penyebab belum diketahui, kita masih menunggu penyelidikan epidemiologi,” kata Arhan.

    Sebelumnya, Pemerintah masih melakukan investigasi terkait penyebab munculnya gangguan ginjal akut misterius pada anak sepanjang tahun ini.

    BACA JUGA: 835 Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Polres Banjar

    Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, saat ini masih dilakukan berbagai pemeriksaan penyebab penyakit ini.

    “Masih dilakukan pemeriksaan dan hasil yang keluar negatif seperti swab di tenggorokan maupun swab di anus,” kata Siti Nadia Tarmizi.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img