spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Teras Cihampelas Akan Direaktivasi, Ini Upaya Pemkot Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan berbagai langkah untuk mereaktivasi Teras Cihampelas. Upaya itu sebagai langkah menggeliatkan kembali Teras Cihampelas.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, upaya yang dilakukan Pemkot Bandung harus dibarengi komitmen bersama dari seluruh stakeholder. Termasuk para Pedagang Kali Lima (PKL).

    “Saya telah memberikan arahan untuk membantu UMKM, ada OPD melakukan aktivitas di sini. Makanan dan minuman dari dagangan UMKM. Ada rapat atau sosialisasi, kita lakukan di sini. Silahkan dikelola oleh pengurus. Supaya kita menjadi bagian berkontribusi dalam peningkatan usaha,” kata Ema Sumarna saat meninjau Teras Cihamplas Kota Bandung, Jabar, Rabu (12/10/2022).

    Ema mengaku, Pemkot Bandung akan menggelar berbagai acara sebagai upaya mendongkrak pengunjung yang datang ke Teras Cihampelas. Semisal kegiatan hiburan hingga pertunjukan fashion week.

    “Kita siapkan paket penunjang. Misalnya nanti siapkan hiburan, panggung hiburan. Kita buat semacam Bandung Fashion Week misalnya. Kalau menarik, pengunjung pasti datang. Lalu ruang untuk bantuan permodalan dari UMKM terkait dampak inflasi. Kita mintakan mereka difasilitasi. Bisa juga kita koneksikan untuk menjadi anak asuh CRS BUMN/BUMD,” dia menuturkan.

    BACA JUGA: Mulai Besok (13/10), Pemkot Bandung Salurkan BLT UMKM

    Ema mengungkapkan, saat ini sudah ada sebanyak 87 PKL yang telah berkomitmen untuk kembali mengisi Teras Cihampelas dari total 192 PKL. Di sisi lain, pihaknya meminta semua PKL kembali naik.

    Pemkot Bandung pun terus melakukan pengembangan serta perbaikan fasilitas. Diantaranya meliputi perbaikan kios, pemasangan kanopi, fasilitas air bersih, dan perbaikan toilet.

    “Kami berkomitmen menghadirkan fasilitas atas aspirasi dari para pedagang. Semua dihadirkan setiap kekurangan kita perbaiki. Perbaikan fasilitas pun dilakukan, seperti penerangan, instalasi listrik dan air, hingga toilet. Lalu wifi yang sudah kita mintakan ke Diskominfo untuk segera terpasang,” kata Ema.

    Meski begitu, pihaknya mengaku masih ada beberapa persoalan yang masih menjadi perhatian bersama. Yakni ketiadaan lahan parkir dan Pemkot Bandung masih mencari solusi terbaik.

    “Parkir memang problem, pemerintah belum berkemampuan membangun lahan parkir. Cari dulu lahannya ajukan ke pemerintah. Untuk sementara ikut parkir di tempat parkir milik swasta. Teras Cihampelas, akan kita luncurkan kembali pada 22 Oktober 2022 mendatang,” jelasnya.

    Sementara salah satu PKL Teras Cihampelas Reka mengaku bersyukur dengan reaktivasi Teras Cihampelas yang tengah digagas Pemkot Bandung. Pihaknya berharap seluruh PKL di Cihampelas dapat dipindahkan ke Teras Cihampelas.

    “Alhamdulillah dengan bantuan ini kita dapat fasilitas lebih. Teras (Ciahmpelas) ada rencana reaktivasi, teras lima dan enam menjadi percontohan. Namun, kalau dibawahnya masih rame buat apa. Kita minta semua dibawa ke atas,” kata Reka.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img