spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Jadi Kebutuhan, Pemekaran Daerah di Jabar Harus Dilakukan?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Pansus Pemekaran Wilayah DPRD Jabar Sadar Muslihat masih menunggu pemerintah pusat terkait pemekaran lima wilayah di Jabar. Dia berharap pemekaran tersebut segera terealisasi.

    “Di tingkat provinsi sudah selesai dibahas, tinggal menunggu pusat. Disahkannya kawasan baru di Papua seharusnya menjadi lampu hijau bagi pemerintah pusat agar segera menindaklanjuti pemekaran di Jabar,” kata Sadar.

    BACA JUGA:Urusan Pemekaran Daerah, Jabar Masih Jauh Tertinggal

    Apalagi ini sudah menjadi satu kebutuhan. Dia menyebut Bogor yang jumlah peduduknya sudah sama dengan satu provinsi Sumatera Selatan. Begitupun dengan Cianjur Selatan yang letak geografis wilayahnya sangat berjauhan, sehingga menyulitkan warga terkait pelayanan.

    Sadar mengatakan, alasan dilakukannya pemekaran untuk beberapa wilayah di Jabar adalah mempermudah pelayanan. Sehingga masyarakat bisa lebih terlayani dengan mudah dan baik, di samping juga rasa keadilan dan pemerataan pembangunan yang seharusnya bisa dirasakan semua warga Jabar.

    Adanya pemekaran wilayah, kata dia, tentunya membutuhkan kesiapan berbagai aspek yang harus disiapkan baik Pemprov Jabar maupun pemerintah pusat.

    Maka dibutuhkan partisipasi juga dari kabupaten induk untuk membantu daerah baru di wilayahnya. Termasuk memenuhi kebutuhan SDM, terlebih saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium untuk penambahan PNS baru.

    “Jadi ASN nya bisa dibagi dua, ke depannya bisa menyesuaikan kebutuhan,” kata Sadar.

    BACA JUGA: Bobotoh dan Suporter Gelar Doa Bersama   

    Kaitannya dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur, pihaknya mengatakan bahwa daerah tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi juga ada DAU, DAK, dana perimbangan hinggabantuan pemerintah di atasnya yang bisa dimanfaatkan.

    “Itu memang harus dilakukan mengingat pemekaran kali ini sudah menjadi kebutuhan,” kata dia.

    Untuk diketahui, semula pemekaran hanya akan dilakukan di Garut Selatan, Sukabumi Utara dan Bogor Barat. Kini ditambah Bogor Timur, Indramayu Barat, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara dan Cianjur Selatan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img