spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pengguna Jalan Di Kota Bandung Dihentikan 3 Menit Untuk Penghormatan Bendera

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berbagai lapisan masyarakat Kota Bandung memberikan penghormatan tertinggi untuk Indonesia melalui aksi ‘3 Menit untuk Indonesia’ dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke-77.

    Kegiatan tersebut, dilakukan pada Rabu (17/8/2022) pada pukul 10.17 hingga 10.20 WIB di beberapa titik di Kota Bandung. Titik utamanya berlangsung di Simpang Lima, Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

    Ribuan kendaraan yang tumpah ruah dari Jalan Karapitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto menuju Asia Afrika, Jalan Sunda maupun sebaliknya menghentikan sejenak laju kendaraannya.

    BACA JUGA: HUT RI Ke 77 Karang Taruna Gebang Ciamis Berbagi Untuk Anak Yatim

    Para pengendara, berdiri dan mengheningkan cipta untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

    “3 Menit untuk Indonesia’ merupakan edisi ketiga, sejak pertama kali dilakukan pada 2020. Alhamdulillah kita bisa melihat sendiri acaranya berjalan khidmat dan lancar,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dadang Darmawan.

    Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi pemaknaan terhadap arti kemerdekaan dan juga mengenang jasa para pejuang kemerdekaan.

    kota Bandung
    Berbagai lapisan masyarakat Kota Bandung memberikan penghormatan tertinggi untuk Indonesia melalui aksi ‘3 Menit untuk Indonesia’ dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke-77.. (Foto: Istimewa)

    “Tadi pak Wali Kota sudah menyampaikan, dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata. Kini, kita maknai kemerdekaan untuk lepas dari pandemi, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat lagi,” ucapnya.

    Hal senada disampaikan Kepala Bidang Lalu lintas Dishub Kota Bandung Khairur Rijal. Kata Rijal, tujuan utama dari kegiatan ini untuk menggugah kembali rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

    Khairul Rijal juga menyebut ‘3 Menit untuk Indonesia’ sebagai persembahan kecil dari Kota Bandung untuk Indonesia dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pasca pandemi Covid-19.

    “Sudah dua tahun kemarin kita dihantam pandemi Covid, sekarang sudah mulai menggeliat. Ini persembahan kecil dari kita, dari Kota Bandung untuk Indonesia,” kata Khairul Rijal.

    Antusias warga nampak terlihat dari raut wajah mereka. Di tengah kegiatan, mereka menyempatkan turun sejenak, mematikan mesin kendaraan dan mengheningkan cipta.

    Junaidi misalnya. Pria yang sehari-hari menjadi pengemudi ojek online di Kota Bandung tersebut, menghentikan sejenak aktivitasnya untuk mengikuti kegiatan ini.

    Junaidi menyambut positif kegiatan ini. Menurut Junaidi, meraih kemerdekaan tidaklah mudah. Sebagai warga negara yang sudah merdeka, bentuk apresiasi terhadap hari besar ini perlu dilakukan sebagai pengingat bagi bangsa.

    BACA JUGA: 3 Makna Kemerdekaan yang Harus WNI Lakukan

    “Ya kegiatan ini positif, sembari mengingatkan kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan tidak mudah,” kata Junaidi

    Selain di Simpang Lima Jalan Asia Afrika, kegiatan ini juga berlangsung di Persimpangan Cikapayang (Dago), dan Monumen Perjuangan.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img