spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kembali Digelar, Ketangkasan Adu Domba Di Kota Banjar Masuk Dalam Kalender Event Jabar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Setelah hampir 3 tahun tanah air diselimuti penyebaran pandemi Covid-19, kontes seni ketangkasan adu domba di Kota Banjar, Jawa Barat kembali digelar. 

    Ketangkasan adu domba yang digelar di kawasan Situ Leutik, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar ini diikuti oleh ratusan pasang domba dari wilayah Priangan Timur, bahkan ada yang dari Bandung. Minggu (14/8/2022). 

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dedi Suardi mengatakan seni ketangkasan domba di Pamidangan Situ Leutik ini merupakan event tahunan yang tercantum dalam kalender event Provinsi Jawa Barat.

    BACA JUGA: Kejari Kota Banjar Kembali Temukan Kasus Penyelewengan Dana BUMDes 

    Dedi mengatakan ketangkasan adu domba di Kota Banjar sudah hampir tiga tahun berhenti atau tidak digelar karena terganggu kondisi pandemi covid-19. 

    “Alhamdulillah sekarang bisa kembali digelar tepat menjelang hari kemerdekaan RI ke-77,” katanya kepada wartawan saat ditemui di lokasi ketangkasan adu domba di Situ Leutik Kota Banjar. 

    Wakil Wali Kota, Nana Suryana mengatakan yang turut hadir dalam helatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah menjadi kalender event Provinsi Jawa Barat ini. 

    Pasalnya event ini sempat terhenti lantaran tahun 2019 tanah air tidak terkecuali Kota Banjar diselimuti oleh adanya penyebaran Covid-19. 

    Dia mengatakan ketangkasan domba ini merupakan salah satu seni budaya yang harus dilestarikan. Selain itu, dengan adanya event ini bisa juga menjadi upaya dalam memulihkan ekonomi di masa sekarang. 

    Dari sisi ekonomi dikatakan Nana, dengan adanya ketangkasan ini bisa kembali menggerakan perekonomian yang sebelumnya terdampak covid-19.

    “Para peternak bisa mengenalkan domba garutnya dan mempromosikan jika ada warga Banjar mau beli, kemudian ekonomi lainnya ini para penjual di sekitar lokasi bisa berjualan, kita bisa liat disini banyak pengunjungnya, ” kata dia.

    BACA JUGA: Air Sumur Cikahuripan Baregbeg Ciamis Dipercaya Bisa Tangkal Santet

    Kendati, orang nomor dua di Kota Banjar ini mengharapkan event seperti ini harus terus berjalan dan rutin dilaksanakan agar dapat menjadi multiplier effect bagi masyarakat sehingga mereka bisa kembali menggerakan roda ekonominya. 

    “Mudah-mudahan bisa terus berjalan, karena dengan event Banjar jadi memiliki magnet orang datang kesini, setelah orang datang kesini tentunya transaksi akan terjadi dan itu hak positif bagi pemulihan ekonomi di Banjar,” pungkasnya. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img