spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Air Sumur Cikahuripan Baregbeg Ciamis Dipercaya Bisa Tangkal Santet

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sumur Cikahuripan di lingkungan Situs Buyut Manguntapa di pinggir jalan Ciamis-Kawali Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Jawa Barat konon airnya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dan bisa menolak bala atau santet.

    Menurut Haer Hernara tokoh masyarakat Desa Baregbeg, konon sumur Cikahuripan dahulu kala saat Buyut Manguntapa menyebarkan Agama Islam di daerah Desa Baregbeg merupakan tempat berwudhu sebelum melaksanakan Salat berjamaah dengan santri-santrinya.

    “Karena air dari Sumur Cikahuripan itu dulunya biasa digunakan untuk berwudhu Buyut Manguntapa penyebar Agama Islam yang sakti mandraguna sejumlah masyarakat meyakini air itu mempunyai khasiat,” katanya. Minggu (14/8/2022).

    BACA JUGA: Jalan Sehat Kemerdekaan, Warga Baregbeg Ciamis Berburu Sepeda Motor

    Haer menuturkan,cerita dari mulut ke mulut mengenai sumur air Cikahuripan tempat berwudhu nya Buyut Manguntapa yang sakti mandraguna dan para santrinya sampai saat ini sejumlah warga mempercayai karomah dari Manguntapa menyatu dalam air sumur tersebut.

    “Entah sejak kapan air sumur Cikahuripan ini banyak diambil airnya dan tempat mandi untuk dijadikan penyembuhan berbagai penyakit terutama penyakit jiwa,” ucapnya.

    Haer mengatakan, sejumlah orang atau peziarah yang datang mengunjungi Makam Buyut Manguntapa sepertinya kurang afdol kalau mereka tidak mengambil air sumur Cikahuripan untuk dibawa pulang.

    “Sebelum mereka membawa pulang air Cikahuripan, saat mereka datang untuk berziarah di Makam Buyut Manguntapa mereka berwudhu di tempat itu, ” jelasnya.

    BACA JUGA: Jalan Raya Menuju 2 Ponpes di Cibatu Garut Berlubang

    Sementara itu Buyut Manguntapa dahulunya merupakan orang yang pertama kali menyebarkan Agama Islam di daerah Baregbeg saat ini dan ilmu yang paling termasyhur darinya yaitu Jaran Goyang.

    “Para peziarah yang bertawasul bermohon kepada Allah SWT saat berada di Makam Buyut Manguntapa kebanyakan pelaku seni agar mereka disenangi para penggemarnya,” katanya. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img