spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Pemkot Tasikmalaya Berbenah Kejar Predikat Kota Sehat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus berbenah sekaligus berambisi untuk meraih kembali predikat Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia pada penilaian verifikasi tahun 2023 mendatang.

    Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, penilaian predikat Kota Sehat menjadi penghargaan yang istimewa bagi daerah sehingga pemerintah Kota Tasikmalaya terus berusaha untuk memenuhi penilaian tersebut.

    “Kita siapkan seluruh stakeholder termasuk masyarakat Kota Tasikmalaya supaya bergerak dalam mendukung perwujudan Kota Tasikmalaya,” kata M.Yusuf di Balekota Tasikmalaya Jumat (12/08/22).

    BACA JUGA: Proyek Pembangunan Pedestrian Jalan HZ Mustafa Kota Tasikmalaya Dijaga Satpol PP

    “Guna mempertegas, saya akan membuat surat edaran atau instruksi ke para camat, lurah, kader kesehatan, posyandu dan tim penggerak PKK dan himbauan kepada masyarakat agar bergerak agar Tasikmalaya masuk kategori Kota Sehat,” kata Yusuf menambahkan.

    M.Yusuf mengaku, walaupun Kota Tasikmalaya sudah 3 kali mendapat predikat Kota Shat namun sejauh ini, masyarakat belum memahami predikat ini, dengan demikian dirinya meminta seluruh stakeholder terkait terus mensosialisasikan program-program ini supaya masyarakat ikut andil.

    “Sejak ada penilaian predikat Kota Sehat, Kota Tasikmalaya sendiri sudah tiga kali menyabet predikat bergengsi ini. Tahun 2013, 2016, dan 2018 meraih predikat, bahkan sudah meraih penghargaan tertinggi yakni Swasti Saba Wistara, dan Target kita, pada penilaian tahun 2023 mendatang mampu meraih kembali,” kata dia.

    Menurutnya, dalam penilaian ada beberapa poin tatanan yang menjadi penilaian yakni tatanan permukiman, sarana dan prasarana umum, tatanan lalu lintas, tatanan industri dan perkantoran, tatanan pangan dan gizi, tatanan kemandirian masyarakat, tatanan pariwisata dan sosial. 

    Sementara Ketua forum Kota Sehat Tasikmalaya Atit Tajmiati mengatakan, untuk penilaian tahun 2023 mendatang, tim verifikasi lebih menekankan segi penilaian ODF.

    BACA JUGA: Kasus Sunat Dana PIP, Kejari Kabupaten Tasikmalaya Periksa Pegawai Disdik

    “Kita mengedepankan agar masyarakat Kota Tasikmalaya memiliki sanitasi yang layak demi meraih predikat Kota Sehat,” kata Atit.

    Menurutnya saat ini, masih banyak masyarakat Kota Tasikmalaya yang belum memiliki sanitasi atau jamban yang memadai. “Mereka masih membuang kotoran ke sungai atau ke balong yang tentu mengundang berbagai penyakit,” kata dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img