spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung dan KemenPUPR Bangun Rusun Di Cisaranten

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membangun rumah susun sederhana milik (Rusunami) di wilayah Cisaranten. Pembangunan Rusunami di lahan milik Kementerian PUPR ini, ditargetkan mulai Maret 2023 mendatang.

    Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan KemenPUPR Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, pembangunan Rusunami seluas 3,2 hektar akan mulai dibangun April 2023. Rusunami yang akan dibangun bakal memuat 1.900 hunian.

    “Target tahun 2029 sudah semua terisi. Tahap pertama tahun 2025 terisi dengan pembangunan dua tahun,” kata Haryo Bekti Martoyoedo di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Senin (8/8/2022).

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Anggarkan Rp20 M Per Bulan untuk UHC

    Haryo Bekti Martoyoedo menyebut, bahwa Rusunami yang akan dibangun nantinya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Masyarakat yang dapat memanfaatkan rusunami maksimal berpenghasilan Rp 8 juta ke bawah.

    Lebih lanjut Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, pembiayaan pembangunan Rusunami Cisaranten Kota Bandung tersebut, menggunakan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha. Total investasi yang digunakan untuk pembangunan mencapai Rp 1 triliun lebih.

    “Skema pembiayaan ini kerja sama pemerintah dengan badan usaha KPBU. Artinya dibiayai dulu oleh pihak swasta. Nanti pemerintah membayar secara tahunan sesuai layanan yang diberikan. Investasi 1 itu, sekian triliun,” ucapnya.

    Haryo mengungkapkan, badan usaha yang bekerja sama membangun Rusunami merupakan badan usaha dalam negeri. Saat ini pihaknya masih melakukan tahap penyiapan studi, regulasi kerja sama dan lainnya seperti izin lingkungan.

    Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, bersama KemenPUPR membahas rencana pembangunan Rusunami di Cisaranten. Termasuk dukungan yang diperlukan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar pembangunan berjalan lancar.

    BACA JUGA: Salurkan Minyak Goreng, Pemkot Bandung Libatkan TNI

    “Alhamdulillah dalam waktu dekat ini, hal teknis akan dibicarakan. Relatif enggak ada hambatan yah. Kalau rencana ini lancar, alias tidak ada hambatan. Kita harapkan di Maret April tahun 2023 groundbreakingnya bisa dilakukan,” kata Yana Mulyana.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img