spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    KONI KBB Nyatakan Siap Gelar 13 Cabor Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI KBB (Kabupaten Bandung Barat) menyatakan kesiapan untuk menjadi tuan rumah pertandingan 13 cabang olahraga pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat pada November 2022 mendatang. Hal ini berbeda dengan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat yang menyatakan hanya siap menggelar 3 cabang olahraga.

    Sebelumnya, Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyatakan mundur sebagai tuan rumah penyelenggara di 16 cabang olahraga Porprov XIV Jabar. Keputusan ini seiring dengan surat resmi kepada Gubernur Jawa Barat cq. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat bernomor 426.4/1540/2022 tanggal 27 Juli 2022.

    Sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 246/Kep-133-Dispora/2022 tertanggal 25 Maret 2022, KBB ditetapkan sebagai tuan rumah 16 cabang olahraga. Sementara berdasarkan surat Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, KBB menyatakan hanya siap menggelar tiga cabang olahraga yakni gulat, berkuda equestrian, dan woodball dengan alasan defisit anggaran yang tidak mungkin dilakukan penambahan anggaran pada perubahan APBD KBB TA 2022.

    “Saya menjaga jati diri Bandung Barat yang sebelumnya sudah menyatakan amanat menggelar 16 cabor di Porprov XIV Jabar. Kalau pun berkurang, bukan berarti ngambil 3 cabor saja tapi berkurang 3 jadi 13 cabor. Jika disebut mengesampingkan surat Plt. Bupati Bandung Barat, silakan jabarkan sendiri saja dan saya sudah dapat tembusan surat Plt. tersebut,” kata Ketua Umum KONI KBB, Agus Mulya usai dilantik secara resmi oleh Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin, Kamis (4/8/2022).

    Salah satu dari pertimbangan pihaknya, lanjut Agus, yakni nasib para atlet KBB yang sudah melakukan persiapan menghadapi multieven olahraga empat tahunan terakbar di Jabar tersebut. Pasalnya, beberapa atlet KBB bisa tampil di Porprov XIV Jabar melalui skema wildcard atau lolos langsung tanpa melalui babak kualifikasi.

    “Itu yang kami pikirkan, nasib atlet. Ada sekitar 300 atlet lebih di 13 cabang olahraga, bisa tampil di Porprov XIV Jabar setelah mendapatkan wildcard dan tidak ikut kualifikasi. Kalau saja batal jadi tuan rumah, maka nasib 300 atlet itu bagaimana? Bisa batal berlaga di Porprov XIV Jabar,” Agus menjelaskan.

    BACA JUGA: Ceramah Kebangsaan Gus Miftah Ciptakan Kedamaian dan Kondusifitas Jawa Barat

    Selain itu, lanjut dia, beberapa keuntungan bisa diambil dengan menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan cabang olahraga di Porprov XIV Jabar. Salah satunya dari sisi prestasi olahraga di Kabupaten Bandung Barat.

    “Saya sudah mapping dengan Bidang Pembinaan Prestasi dan kita punya target untuk masuk di jajaran enam besar, mudah-mudahan bisa menembus lima besar. Tapi kalau 13 cabor batal digelar di KBB, rasanya akan sulit mencapai target tersebut,” Agus menambahkan.

    Untuk itu, pihaknya akan berupaya dan berjuang keras agar bisa menggelar minimal 13 cabang olahraga Porprov XIV Jabar di wilayah Bandung Barat. Termasuk dalam menangani permasalahan defisit anggaran yang dialami KBB sesuai dengan alasan yang diungkapkan Plt. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

    “Insha Allah, kami akan berjuang sekuat tenaga untuk mencari sumber pendanaan untuk menanggulangi kesulitan Pemkab Bandung Barat. Bisa dari jajaran pengurus yang mampu atau dari para pengusaha di Bandung Barat atau juga dari sumber dana lainnya. Intinya, kita tidak hanya menggelar tiga cabor saja tapi bisa 13 cabor minimalnya,” Agus menegaskan.

    Agus mengaku, pihaknya siap berkoordinasi dengan Pemkab Bandung Barat, khususnya Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, terkait persiapan menghadapi Porprov XIV Jabar. Baik sebagai peserta maupun sebagai tuan rumah penyelenggara.

    “Kapan pun Pak Plt Bupati (Hengky Kurniawan) siap, saya siap berkoordinasi. Saat ini pun, di momen pelantikan, meski beliau tidak datang, saya tetap berprasangka baik. Mungkin beliau ada kesibukan atau agenda lain. Intinya, saya siap berkoordinasi karena KONI ini kan irisan dari pemerintah, tidak bisa dipisahkan,” Agus menegaskan.

    BACA JUGA: Hengky Lempar Handuk, KBB Hanya Sanggup Gelar 3 Cabor Porprov XIV Jabar

    Seperti diketahui, Agus Mulya terpilih sebagai Ketua Umum KONI KBB periode 2022-2026 pada Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI KBB yang digelar di Aula KONI Jabar, Jalan Pajajaran 37, Kota Bandung, Rabu (22/6/2022) lalu. Agus Mulya mengalahkan istri Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Sonya Fatmala dalam pemilihan yang dilakukan secara voting tertutup.

    Dari 61 pemilik suara, Agus Mula memperoleh 37 suara. Sedangkan Sonya Fatmala hanya mendapatkan dukungan dari 24 suara.

    BACA JUGA: Agus Mulya Terpilih Sebagai Ketua KONI KBB, Kalahkan Istri Bupati

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img