spot_img
Kamis 18 Agustus 2022
spot_img
More

    Dinkes Kota Bandung Susun Junkis Persiapan Vaksin Dosis Ke 4

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung tengah menyusun petunjuk teknis, dan persiapan logistik menyambut vaksin booster tahap dua atau dosis vaksin ke 4 bagi tenaga kesehatan (nakes).

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Jani menyampaikan, merujuk pada surat edaran Dirjen P2P regimen dosis harus dipersiapkan dengan matang.

    “Kenapa harus kita persiapkan dengan matang, karena harus melihat dosis ketiga terlebih dahulu. Karena tidak bisa semua jenis vaksin. Sekarang mana Moderna dan Pfizer untuk disesuaikan dengan logistik yang ada sekarang,” kata Ira Dewi Jani, saat dihubungi Selasa (2/8/2022).

    BACA JUGA: Target Vaksin Booster Di Kota Bandung Tercapai Agustus

    Ira Dewi Jani menjelaskan, Dinkes Kota Bandung menyasar sekitar 20.000 nakes. Sementara, nakes yang menerima vaksin dosis satu dan dua di Kota Bandung telah mencapai angka 37 hingga 38 ribu jiwa.

    Menurutnya, pemerintah pusat telah memberi arahan dengan catatan ketersediaan logistik harus diperhitungkan. Sebab pihaknya tengah fokus mengejar booster dosis satu.

    “Baru turun anjuran booster kedua dengan regimen yang ditentukan. Jadikan harus kita hitung lagi, dan menunggu ketersediaan logistik juga. Jadi harus rapat dulu dan dihitung lagi,” ucapnya.

    Ira menambahkan, vaksin ketiga masih tetap menjadi fokus pihaknya meski harus mengejar dosis vaksin ke 4. Alokasi logistik booster, harus menyesuaikan dengan vaksin dosis ketiga.

    “Kota Bandung sudah mencapai persentase vaksin booster di angka 38 persen, dan rutin melakukan sosialisasi untuk mencapai target 50 persen pada akhir Agustus dengan kerja sama lintas program dan lintas sektor,” ujarnya.

    BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Kota Bandung Naik

    Diketahui, Kementerian Kesehatan telah membagikan empat juta stok vaksin ke seluruh Indonesia pada Jumat 29 Juli 2022 untuk tenaga kesehatan sebagai penerima vaksin booster tahap dua atau vaksinasi keempat.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img