spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Bupati Tasikmalaya Minta Maaf, Banyak Rencana Pembangunan Tertunda

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berdampak besar terhadap kehidupan manusia terutama pada sektor ekonomi.

    Ratusan trilyun telah pemerintah gelontorkan, demi menyelamatkan umat manusia di Indonesia dari keterpurukan akibat Covid-19.

    Demikian pula Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa harus banyak menunda mimpi-mimpi besar dalam pembangunan, karena menyelamatkan manusia jauh lebih utama.

    BACA JUGA: DPRD Kabupaten Tasikmalaya Mitra Kritis Pemerintah

    “Atas nama pemerintah sekaligus atas nama pribadi Ade-Cecep, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-sebesarnya, sebab banyak permasalahan yang sejatinya dapat terselesaikan, nyatanya tidak,” kata Ade pada rapat paripurna DPRD dalam rangka memperingati hari jadi ke-390 Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (26/7/2022).

    Termasuk ucap dia, permohonan maaf atas banyaknya rencana pembangunan untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang tertunda, karena anggaran tersita untuk penanggulangan pandemi.

    Maka lanjut dia, hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ini menjadi momentum tepat untuk menyatukan kembali kekuatan bersama, membangun Tasikmalaya setelah tiga tahun berlalu, banyak yang tidak bisa terlaksanakan.

    “Mari kita kembali bersama dan tak perlu mencari siapa yang salah di tengah kehidupan generasi yang lebih banyak mencari-cari kesalahan daripada bergerak dan menjadi solusi atas masalah,” ujarnya.

    Ade mengajak kepada semua pihak untuk menyatukan langkah dan memajukan kembali Kabupaten Tasikmalaya, di tengah-tengah berkurangnya kemampuan pemerintah dan kesulitan masyarakat yang semakin tinggi.

    “Momentum hari jadi ini, mudah-mudahan menyemangati kita semua untuk terus berbuat, setidak-tidaknya menjadi orang yang dapat memberi manfaat bagi orang lain,” ucapnya.

    Capaian Luar Biasa Provinsi Jawa Barat Tahun 2022

    Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), mengucapkan selamat hari jadi Tasikmalaya yang ke-390 dengan harapan dan doa, mudah-mudahan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tercapai sebagaimana harapan bersama.

    Wagub juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, karena Jabar hari ini mengalami kemajuan yang luar biasa.

    Dia menyebutkan, sesuai hasil evaluasi pemerintah pusat, dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, Jabar kini sebagai tempat atau pusat investasi.

    Kabupaten Tasikmalaya
    Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum bergandengan dengan Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto seusai rapat paripurna DPRD tentang hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-390. (foto Farhan)

    “Setiap tahunnya, Jabar ini menjadi tempat terbanyak bagi para investor berinvestasi,” katanya.

    Jabar juga lanjut Uu, sebagai penghasil pangan yang mampu memberikan kontribusi untuk kebutuhan nasional.

    Selanjutnya, Provinsi Jabar telah memiliki infrastruktur yang sangat luar biasa, dengan konektivitas jalan yang tertata dan juga penunjang lainnya yang memadai.

    “Jabar juga sebagai pusat industri, dari pola industri yang biasa-biasa sampai industri yang luar biasa. Kemudian Jabar ini tercatat sebagai daerah yang mengalami perkembangan pesat di dunia digital. Ini merupakan sebuah keuntungan bagi kita,” tutur dia.

    Lebih jauh Uu menyebutkan, Provinsi Jabar memiliki sumber-sumber ekonomi yang sangat besar, seperti listrik dari tenaga surya yang sedang dikembangkan di pabrik-pabrik.

    Kemudian listrik dari tenaga angin yang sekarang telah dikembangkan di Jabar Selatan.

    Jabar juga memiliki banyak tempat wisata dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

    BACA JUGA: Lapas Banjar Targetkan Sumbang PNBP Lewat Budidaya Lebah

    “Potensi-potensi itu semua, merupakan peluang bagi masyarakat Jabar termasuk masyarakat Tasikmalaya untuk dapat memanfaatkannya demi lancarnya pembangunan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

    Sebagai mana program Gubernur yakni juara lahir batin kata Uu, dia berharap program-program Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya linier dengan Pemprov Jabar.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img