spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Memilih Asuransi untuk Orangtua, Berikut Daftarnya

    FOKUSJabar.id: Apakah orangtua Anda sudah mempunyai asuransi jiwa? Jika ya, maka itu adalah pilihan yang benar.

    Namun, jika belum, maka mungkin Anda maupun keluarga belum tahu seberapa besar manfaat dari asuransi jiwa buat ortu yang sebenarnya mempunyai manfaat besar sekali.

    Saat ini, masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya asuransi jiwa bagi orangtua, apalagi asuransi jiwa malah lebih banyak dipakai oleh orang-orang di usia produktif. Padahal, mempunyai asuransi jiwa untuk orangtua merupakan hal yang penting sekali.

    Selain memiliki asuransi jiwa, Anda yang memiliki kendaraan roda empat penting untuk memberikan proteksi terbaik dengan asuransi mobil.

    BACA JUGA: Memilih Produk Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan

    Beberapa Jenis Asuransi Jiwa untuk Orangtua

    Setiap jenis asuransi mempunyai produk bervariasi sesuai manfaatnya. Dengan mengetahui jenis-jenis produk tersebut, Anda dapat lebih bijaksana di dalam menyesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang nantinya perlu untuk dikeluarkan.

    • Asuransi Jiwa Berjangka

    Asuransi jiwa berjangka adalah perlindungan asuransi yang berikan jaminan asuransi ke nasabah dalam jangka waktu yang tertentu. Jangka waktu pertanggungan ini biasanya mulai dari 10 tahun, 15 tahun, hingga 20 tahun.

    Nah, jika selama periode asuransi berlangsung terjadi risiko kematian orang tua, pastinya perusahaan asuransi akan bayar uang pertanggungan dengan jumlah yang sebelumnya telah disepakati kepada nasabah.

    • Asuransi Jiwa Seumur Hidup

    Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa seumur hidup bisa berikan perlindungan pada tertanggung sepanjang hidup, yakni sampai usia 100 tahun.

    Jika polis asuransi aktif selalu, maka nasabah akan dapatkan perlindungan tambahan yang tidak kalah menguntungkan seperti risiko cacat tetap, di mana umumnya berakhir di sekitar umur 60 tahun.

    Asuransi ini dirancang untuk jaga kondisi finansial keluarga untuk tetap stabil, bahkan jika tertanggung meninggal dunia nantinya.

    • Asuransi Jiwa Dwiguna

    Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi yang gabungkan dua keuntungan dari asuransi jiwa berjangka dan seumur hidup.

    Tertanggung akan dapatkan beberapa uang di periode yang sudah disepakati dan uang pertanggungan akan diberikan ke ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia.

    Jenis asuransi ini tepat sekali dipilih apabila calon tertanggung ingin kondisi finansial keluarganya terjamin setelah tertanggung meninggal.

    • Asuransi Jiwa dengan Jaminan

    Asuransi jiwa beri perlindungan melindungi tanpa pedulikan usia ataupun kesehatan nasabahnya. Oleh sebab itu, asuransi jiwa untuk orangtua ini cocok sekali untuk yang memiliki riwayat penyakit ataupun sudah berusia lanjut.

    Namun, biasanya pembayaran asuransi jiwa satu ini tak bisa dilakukan di dalam kurun waktu 24 bulan setelah polis mulai untuk dibuka.

    Sehingga lansia meninggal di dalam kurun waktu itu, tak akan terima uang pertanggungan, melainkan dapatkan pengembalian uang yang telah terlanjur disetorkan.

    Nah, itulah beberapa jenis asuransi jiwa untuk orangtua. Di dalam memilih asuransi jiwa untuk orangtua, Anda perlu untuk mengetahui beberapa tipsnya. Berikut ini tips tersebut:

    Tips Pilih Asuransi Jiwa untuk Orangtua

    Mengumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin Mengenai Kesehatan Orangtua

    Riwayat kesehatan orangtua Anda merupakan faktor paling berpengaruh untuk tentukan perusahaan asuransi yang akan menerimanya, biaya yang harus ditanggung serta asuransi jiwa mana yang terbaik untuk orangtua.

    Jadi, cobalah untuk seakrab mungkin dengan orangtua untuk ketahui kesehatan serta juga lakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum bertemu agen perusahaan asuransi.

    Memutuskan yang akan Mempunyai dan Membayar Polis

    Putuskan siapa yang akan tanggung premi asuransi. Siapapun boleh, asalkan jangan sampai pembayaran premi tak dilanjutkan untuk hindari terjadinya kehilangan perlindungan.

    Jadi sebaiknya sebelum membeli, pastikan budget bayar premi telah dialokasikan dengan baik. Hal itu karena beli asuransi artinya Anda akan hadapi tanggung jawab pembayaran yang berjangka panjang.

    Menemukan Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan Orangtua

    Ada beberapa jenis untuk memilih asuransi untuk orangtua yang ada sekarang ini. Sebaiknya jika sebelum pilih asuransi jiwa untuk orangtua, perhatikan apa saja yang pihak asuransi tawarkan dan pastikan dengan spesifik apakah bisa cakup semua kebutuhan yang ada.

    Itulah beberapa tips memilih asuransi jiwa untuk orangtua. Sebelum memilih asuransi jiwa, Anda pun perlu untuk mendapatkan persetujuan dari orangtua.

    BACA JUGA: Diduga 2 Juta Data Nasabah Asuransi BRI Life Bocor, Dijual Rp 101,5 Juta!

    Setelah mengetahui jenis dan tips memilih asuransi jiwa untuk orangtua, janganlah ragu untuk membelinya.

    Demikian pembahasan mengenai asuransi jiwa untuk orangtua. Sekarang ini jenis asuransi semakin bervariasi, tak hanya asuransi jiwa, ada juga beberapa asuransi lain seperti asuransi mobil, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

    Berita Terbaru

    spot_img