spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Launching Sekar, PKS Ajak Relawan Bantu Terdampak Bencana

    BANDUNG,FOKUSJabar id: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) launching Sekolah Relawan Kebencanaan (Sekar), Kamis (21/7/2022).

    Sekar diluncurkan untuk membantu para korban terdampak bencana banyaknya bencana yang terjadi tanpa bisa diprediksi.

    Plt Ketua DPW PKS Jabar Iwan Suryaman mengatakan bahwa pihaknya sudah merekrut ribuan relawan dan sudah terjun langsung membantu terdampak bencana, seperti banjir dan longsor yang baru-baru ini terjadi.

    “Sekar ini sebagai wujud perhatian kemanusiaan, kami ajarkan relawan untuk bersama-sama membantu terdampak bencana, tentunya dengan skil dan keterampilan sebagai relawan bencana,” kata Iwan di Bandung.

    BACA JUGA: JQR Bantu Pembangunan Rumah Rusak Akibat Kejadian Banjir Bandang di Ciwidey

    “Sekolah Relawan ini kami buka untuk umum mulai usia 17 hingga 35 tahun. Intinya selama tiga bulan kami akan didik mereka tentang ilmu penanganan bencana,” kata dia menambahkan.

    Untuk diketahui, saat ini sudah ada 1156 pendaftar yang masuk. Pihaknya berharap ada 50 pendaftar di masing-masing kabupaten kota.

    Meski Sekar PKS, pihaknya menegaskan bahwa perekrutan relawan ini untuk bersama-sama membantu terdampak bencana. Namun jika di perjalanan ada relawan yang tertarik menjadi kader, PKS tidak menutup diri.

    “Yang pasti kita terbuka, namun tidak memaksa ke arah situ. Intinya kita bina terlebih dahulu mereka untuk menjadi relawan bencana,” kata dia.

    Iwan berharap para relawan yang mendaftar nanti bisa mengikuti sekolah relawan hingga ke tahap sertifikasi.

    Relawan yang mendaftar, kata dia, akan diarahkan ke DPD di masing-masing kabupaten/kota.

    Sementara itu, Kabid Kepanduan PKS Jabar Wawan Ruswandi mengatakan, para relawan akan mendapat pengarahan dari berbagai unsur terkait kebencanaan. Sehingga nantinya mereka bisa turun langsung ke lapangan.

    BACA JUGA: 25 Relawan Uji Vaksin Sinovac di Bandung Positif Covid-19

    “Oktober kita akan gelar Apel Siaga yang diikuti relawan se Jabar,” kata Wawan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img