spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    1.118 Siswa Beradu dalam Lomba Kompetensi Siswa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 1.118 siswa dan pembimbing mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dengan memperebutkan 35 bidang lomba. 

    Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi optimis pemenang LKS di tingkat provinsi akan mengharumkan nama Jabar di tingkat nasional. 

    “Sebab, tahun-tahun sebelumnya, baik saat di NTB maupun Yogyakarta, siswa perwakilan Jabar selalu menorehkan emas di tingkat nasional,” ujar Dedi dalam rilis yang diterima. 

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Dorong Bank BJB Respons Tiga Disrupsi

    Dedi menilai, LKS merupakan wadah bagi para siswa untuk menunjukkan kemampuannya. Sehingga, bisa dijadikan uji kualitas kemampuan bagi pendidik. Bisa jadi tolok ukur dan menguji efektivitas proses pembelajaran. 

    Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Edy Purwanto menjelaskan, LKS tingkat provinsi dilaksanakan secara daring yang tersebar di 27 kabupaten/kota dengan 32 sekolah penyelenggara. Karena sifatnya daring maka tiap kabupaten/kota disiapkan jadi penyelenggara agar bisa merasakan jadi penyelenggara. 

    “Dilaksanakan daring sebab hal tersebut merupakan instruksi pemerintah pusat. Baru tahun depan insya Allah luring,” kata Edy. 

    Edy memastikan, semua juara 1, 2, dan 3 Lomba Kompetensi Siswa di tiap bidang lomba akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan.

    Salah satu peserta LKS Jabar, Revillia Choeruni Yuzka mengaku sudah melakukan persiapan matang, salah satunya menyiapkan mental. 

    BACA JUGA: Ini Daftar Sekolah Gratis SMK/SMA Di Kota Bandung dan Cimahi

    “Guru sangat berperan dalam membimbing saya untuk mengerti materi yang dilombakan dan melatih mental saya,” kata siswa SMKN 7 Bandung tersebut.

    Namun, siswa yang mengikuti bidang lomba farmasi tersebut tak menjadikan juara sebagai target. “Targetnya bukan juara, semoga dilancarkan semua prosesnya,” kata dia. 

    Berita Terbaru

    spot_img