spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Disdik Ciamis Siapkan 100 SD dan SMP Inklusi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis menyediakan 100 sekolah SD dan SMP inklusi untuk anak berkebutuhan khusus.

    Demikian disampaikan Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Ciamis Tetet Widianti kepada FOKUSJabar.id, Senin (18/7/2022). Sekolah inklusi itu adalah SD dan SMP yang ada di Ciamis.

    BACA JUGA: Anak Berkebutuhan Khusus Lincah Bermain Barongsai

    “Melalui pendidikan inklusi ini anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan mengembangkan kecerdasan dan bakat dengan belajar bersama dengan para peserta didik lain baik di SD maupun SMP,” kata dia.

    Setiap tahun, kata dia, Disdik Ciamis mengadakan pendidikan khusus kepada guru mengenai cara mendidik anak berkebutuhan khusus dan menerapkan pendidikan inklusi.

    BACA JUGA: Peran Inklusi Sosial Perpustakaan Harus Diperkuat

    “Guru akan diberikan bimbingan tekhnis cara menghadapi anak berkebutuhan khusus, bahkan diberikan trik khusus dari mentor. Nantinya, setiap sekolah harus memiliki satu guru khusus yang mengajar mereka,” kata Tetet.

    Tetet menegaskan bahwa sekolah harus menerima siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar baik di SD maupun SMP.

    Untuk diketahui, ada dua kategori anak berkebutuhan khusus yang bisa belajar di sekolah inklusi, yakni inklusi permanen seperti, tunarungu, tunanetra, tunagrahita, tunawicara, tunadaksa, tunaganda, tunalaras, dan autis.

    Kemudian inklusi non permanen, seperti korban broken home, korban penyalahgunaan narkoba, kesulitan belajar, dan lamban belajar.

    (Fauza/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img