spot_img
Kamis 18 Agustus 2022
spot_img
More

    Jangan Kelewat! Nikmati Keindahan Supermoon Malam Ini

    FOKUSJabar.id: Fenomena Supermoon atau Bulan Purnama Super, bisa dilihat malam ini, Kamis (7/14/2022). Keindahan Supermoon bisa dilihat dengan sempurna di beberapa tempat dengan mata telanjang. 

    Fenomena seperti ini juga disebut juga sebagai Bulan Purnama rusa. Ini juga merupakan fenomena terakhir yang sebelumnya terjadi yang disuguhkan dengan Bulan Baru Stroberi dan Bulan Purnama Stroberi.

    “Penamaan ini muncul karena dalam The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika) rusa jantan muda mulai tumbuh tanduk di bulan Juli,” tulis peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang di blog Edusainsa BRIN, dilansir viva.co.id.

    BACA JUGA: 6 Cara Membuat Fitur Kolaborasi Postingan di Instagram  

    Fenomena Supermoon ini selain bisa dilihat secara langsung oleh mata telanjang, bahkan bisa diabadikan oleh kamera untuk foto dan video. 

    Cara menyaksikannya dengan mengarahkan pandangan sesuai arah terbit hingga terbenamnya Bulan pada waktu terbit dan terbenam. 

    Bulan Purnama Rusa bisa diabadikan menggunakan teleskop atau binokuler/monokuler yang terhubung dengan kamera ponsel atau kamera CCD yang tersambung ke komputer pribadi atau laptop.

    Andi juga memberi peringatan untuk nelayan tidak melaut hingga dua hari setelah fenomena ini atau sampai 16 Juli 2022 karena cenderung tingginya air pasang laut.

    BACA JUGA: Satpol PP Menteng Gandeng Jeje Slebew Soal Aturan Nongkrong

    “Perhitungan ini semata-mata hanya mempertimbangkan faktor astronomi saja dan tidak mempertimbangkan gelombang laut akibat angin,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img