spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Minyak Sawit Indonesia Diatur Malaysia, Luhut Murka!

    JAKARTA,FOKUSjabar.id: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan geram karena harga minyak sawit masih mengikuti standar yang ditetapkan Malaysia.

    Luhut mengatakan, Indonesia harus berdiri sendiri.

    “Bangsa kita tidak bisa diatur orang. Kita harus atur diri kita! Harusnya kita atur minyak kelapa sawit dunia. Masa’ dari Kuala Lumpur, yang bener aja,” kata Luhut dalam Rapat Koordinasi AKPSI di Jakarta, Sabtu (9/7/2022).

    Dengan itu, pemerintah saat ini mulai mengarahkan diri untuk bisa mengatur tata niaga kelapa sawit dunia. Apalagi, Indonesia mempunyai modal sebagai negara produsen kelapa sawit terbesar.

    Selain itu, kata Luhut, Indonesia juga tengah melakukan audit kelapa sawit untuk memperbaiki tata kelola industri.

    BACA JUGA: Viral Video Menlu Rusia Diteriaki di G20 Bali

    “Audit ini tujuan kita buat itu. Biar bangsa yang besar ini bisa mengatur dunia juga. Jangan kita yang diatur mulu. Kelapa sawit kita bisa atur sekarang, saya haqqul yakin. Asal kita bisa bekerja bersama-sama,” kata dia, seperti dilansir CNBC.

    Dia juga meminta kepala daerah agar jujur dalam memberikan data selama proses audit berlangsung.

    “Saya mohon bantuannya bapak/ibu bupati, bantu Pak Ateh (Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), kepala dinas juga harus bantu. Jangan nuntut dua minggu beres, datamu juga harus beres. Kalau ada perkebunan main-main kasih pelicin jangan mau terima,” katanya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img