spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Jokowi Bakal Bagikan Sapi Kurban ke 34 Provinsi, Berat 1 Ton

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membagikan bantuan sapi kurban untuk 34 provinsi di Indonesia.

    Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, bantuan sapi kurban yang diberikan presiden beratnya 800 kilogram hingga 1 ton.

    “Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh Provinsi yang beratnya rata-rata 800 kilogram sampai 1 ton yang dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden,” kata Heru, Selasa (5/7/2022).

    Heru mengatakan, bantuan sapi kurban itu akan diberikan ke sejumlah masjid.

    Nantinya, gubernur masing-masing provinsi menentukan masjid mana yang akan menerima bantuan sapi kurban dari Jokowi.

    BACA JUGA: Oknum TNI AD Tusuk Kepala Rumah Sakit Hingga Tewas

    “Dalam pelaksanaanya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku),” kata dia, seperti dilansir IDN.

    “Sekretariat Presiden juga menggandeng Kementerian Agama Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam, untuk meyakinkan bahwa sapi bantuan Bapak Presiden telah memenuhi persyaratan sesuai syariat Islam,” katanya.

    Namun, Heru belum menjelaskan di mana presiden akan melaksanakan salat Idul Adha. Menurutnya, hal itu masih dalam pembahasan.

    Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bersama istri, Hj Wury Ma’ruf Amin, hari ini bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2022.

    Ma’ruf bersama istri melaksanakan ibadah haji karena mendapat undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

    “Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi. Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi Ibadah Haji. Ketepatan pada tahun ini adalah Haji Akbar, ya, jadi di Arafah itu hari Jumat,” kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, Selasa (5/7/2022).

    Masduki mengatakan, undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk Wapres disampaikan melalui Duta Besar Arab saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi. Undangan itu disampaikan pada Juni 2022.

    “Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu di mana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” kata dia.

    Masduki melanjutkan, ketika menyerahkan undangan, Esam menyampaikan kesiapan Saudi untuk menggelar pelaksanaan haji 2022.

    “Menyampaikan perkembangan terakhir di Arab Saudi bagaimana kesiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemik COVID-19, dan sekarang sudah aman,” kata dia.

    Karena pandemik COVID-19 di Arab Saudi sudah melandai dan dinyatakan aman, Wapres Ma’ruf kemudian memenuhi undangan tersebut. Masduki menerangkan, Wapres akan mengikuti prosesi pelaksanaan haji selama satu pekan.

    “Insyaallah waktunya dalam seminggu Wapres akan mengikuti prosesi ibadah haji,” tambahnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img